JURNAL: MODEL PERILAKU BERJALAN AGEN-AGEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

JURNAL: MODEL PERILAKU BERJALAN AGEN-AGEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

JURNAL: MODEL PERILAKU BERJALAN AGEN-AGEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC


Abstrak 

Perilaku sebuah agen yang natural atau mampu merespon lingkungan adalah tujuan yang dikembangkan oleh para game developer. Logika fuzzy adalah salah satu metode yang mampu menangkap kondisi lingkungan yang tidak diskrit. Penelitian ini menjelaskan model perilaku kecepatan berjalan sejumlah agen yang mendapat pengaruh dari lingkungannya. Variabel masukan untuk penelitian ini adalah ukuran kelompok, kondisi stamina dan kondisi lingkungan yang secara random dimunculkan. Metode inferensi yang digunakan adalah metode Mamdani dan metode defuzzifikasi Mean Of Maximum. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 3,9 yang merupakan kecepatan berjalan yang dipengaruhi ukuran kelompok 16 buah, dengan kondisi stamina tingkat 6 dan kondisi lingkungan pada state 42. 

Kata Kunci: model berjalan, logika fuzzy, metode Mamdani, Mean of Maximum


Pendahuluan

Game interaktif semakin berkembang dari waktu ke waktu, hal ini menyebabkan harapan untuk game yang berkualitas semakin tinggi. Kemampuan game developer untuk membuat game yang menarik perlu ditunjang oleh kemampuan untuk men„cipta‟kan karakter-karakter dalam game yang mampu merespon lingkungannya.
Mensimulasikan sebuah agen dalam kecerdasan buatan adalah suatu pekerjaan yang bertujuan untuk mengembangkan agen agar semakin mendekati perilaku manusia. Berjalan adalah salah satu perilaku manusia yang memiliki keunikan tertentu yang perlu dimiliki sebuah agen. Perilaku berjalan sebuah agen adalah cara, tindakan atau respon dalam mencapai tujuan. Sebuah agen dilengkapi sensor untuk mengetahui lingkungannya. Pengetahuan ini akan diolah menjadi serangkaian perilaku untuk memperoleh sifat life-like yang akan digunakan untuk memilih kombinasi tindakan yang sesuai[7]. Penelitian ini akan difokuskan pada perilaku berjalan sebuah agen. Perilaku berjalan sebuah agen dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : usia, jenis kelamin, ukuran kelompok, kondisi atau stamina, medan yang akan dilalui, dan lain-lain. Dalam penelitian ini faktor yang dipertimbangkan adalah ukuran kelompok, stamina, dan kondisi lingkungan. Metode fuzzy digunakan memodelkan perilaku berjalan agen sehingga menghasilkan kecepatan berjalan yang dinamis.

Peneliti: Nelly Indiani Widiastuti 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: MODEL PERILAKU BERJALAN AGEN-AGEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC