9 Cara Ini Bisa Membantumu Cepat Lulus Kuliah

9 Cara Ini Bisa Membantumu Cepat Lulus Kuliah

9 Cara Ini Bisa Membantumu Cepat Lulus Kuliah


Hai para mahasiswa, siapasih yang tidak ingin lulus cepat saat menempuh pendidikan di bangku kuliah? Tentunya semua mahasiswa mendambakan hal itu.

Lulus kuliah dengan cepat dan meraih IPK Cumlaude tentu menjadi suatu hal yang membanggakan bagi para mahasiswa, bukan cuma mahasiswa orang tuapun akan senang jika anaknya bisa meraih hal itu.

Berikut ini adalah ulasan dari redaksi ilmu skripsi untuk kamu para mahasiswa agar studimu lulus sesuai waktu yang telah kamu targetkan.


1. Disiplin dalam menjalankan kewajiban kuliah

Langkah awal yang perlu kamu ketahui dalam dunia perkuliahan yaitu kamu harus disiplin. Ya disiplin dalam segala hal yang menyangkut aktivitas perkualiahanmu, seperti berangkat masuk kelas, mengerjakan tugas, belajar dari hal-hal yang belum kamu ketahui dll. Dari aktivitas disiplin tersebut akan membentukmu menjadi karakter yang serba tertata dan terjadwal. Jika hal itu sudah menjadi kebiasaan tentunya kamu akan terbiasa menyelesaikan tugas-tugas kuliahmu dengan tepat waktu dan tidak molor.



2. Ambil mata kuliah 24 SKS sejak awal semester

Bagi kamu mahasiswa baru, jangan takut mengambil 24 SKS di awal semester. Jika kamu sudah menjalaninya hal itu nantinya akan terbiasa, dengan demikian kedepannya akan membantumu tidak terjebak dengan tanggungan SKS di akhir semester. Usahakan setiap semester bisa mengambil 24 SKS agar dapat memperlancar kelulusanmu.



3. Manfaatkan semester pendek ketika liburan kuliah

Satu hal ini dapat kamu manfaatkan untuk mempercepat kelulusan kuliahmu, jika kamu ingin menghabiskan SKS mu manfaatkan momen liburan kuliah untuk kuliah semester pendek. Semester pendek bisa membantumu mengulang mata kuliah yang nilainya jelek atau mengambil SKS baru.



4. Hindari tidak bisa ikut ujian hanya karena absensi kurang dari 75%

Jika kamu tidak lulus mata kuliah yang diambil karena tidak bisa mengikuti ujian, itu adalah hal paling bodoh yang kamu lakukan. Tidak lulus mata kuliah artinya kamu harus mengulang lagi dan itu akan memperlambat aktivitas akademismu untuk lulus dengan cepat. Usahakan selalu masuk kuliah dan jangan sampai tidak masuk kuliah tanpa ijin. Jika hal itu jadi kebiasan itu akan membuatmu mengulur waktu kelulusanmu



5. Perbanyak teman, yang bisa membantumu lulus untuk setiap mata kuliah

Teman-temanmu sangat berpengaruh dalam cepat atau tidaknya kelulusanmu, usahakan perbanyak dengan teman yang pintar dan mau diajak diskusi pada setiap mata kuliah yang kamu ambil. Hal ini akan mempengaruhimu dalam pola pikir dan menambah wawasanmu dalam setiap mata kuliah.



6. Hati-hati jangan sampai organisasi menjadi candu

Bagi kamu yang cinta atau ikut organisasi hati-hati dengan hal satu ini, kamu harus pintar mengatur waktu antara organisasi dan waktu kuliahmu. Jangan sampai karena banyak aktivitas organisasi kuliahmu jadi terbengkalai.



7. Hindari teman yang menjerumuskanmu ke hal-hal yang berbau malas-malasan

Teman sekitar sangat berpengaruh dalam hidupmu di dunia perkuliahan, selain kamu mempunyai teman di kampus kamu tentu juga punya teman di kost bagi anak rantau. Temanmu yang hobi bermain / ngegame biasanya akan menyeretmu kelingkup yang sama. Dan hal itu akan membuatmu terpengaruh untuk bermalas-malasan juga sehingga dapat menganggu aktivitas kuliahmu.



8. Untuk kamu yang kuliah sambil bekerja

Pikir-pikir dulu kalau kamu mau kuliah sambil bekerja, memang sebagian mahasiswa melakukan kuliah sambil bekerja karena faktor ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup sampai biaya kuliah, dan itu tidak salah. Akan tetapi pasti ada salah satu yang harus dikorbankan entah itu aktivitas kuliah atau pekerjaanmu. Bagi kamu yang masih awal semester hal ini tidak dianjurkan kecuali kamu bisa mengatur waktumu. Bagi mahasiswa akhir jika kamu bisa menjalaninya dengan membagi waktumu karena SKS mu sudah habis, hal ini bisa menjadi batu loncatan kamu. Tapi ingat tujuan kuliahmu adalah lulus tepat waktu.



9. Bagi kamu yang sudah masuk di fase mengerjakan skripsi

Skripsi bukanlah momok yang harus kamu takutkan, karena itu adalah bagian dari kelulusan kuliahmu. Dan skripsi juga tidak suatu hal yang harus kamu kerjakan sendiri, perbanyaklah teman-teman disampingmu yang bisa mendukungmu dalam proses pengerjaan skripsi. Dengan banyak teman tentunya kamu akan mudah dalam bertukar fikiran dan dapat saling membantu. Jangan sampai kamu tertinnggal oleh teman-teman disekitarmu, karena hal itu sangat menyakitkan ketika melihat temanmu wisuda duluan.


Lulus kuliah sesuai target memang menyenangkan, orang tuapun akan bangga dengan prestasi yang kita raih di jenjang perkuliahan, apalagi lulus dengan status cumlaude, wah bahagianya tentu double. Good Luck ya bagi kalian yang sedang berjuang untuk kelulusan!