Jurnal : Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Harga Layanan Teknologi Informasi

Jurnal : Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Harga Layanan Teknologi Informasi

Abstrak 

Efek dari kemutakhiran teknologi informasi (TI) yang diinvestasikan akan mengalami penurunan nilai, hal ini mengakibatkan sulit untuk menilai investasi teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung biaya produksi jasa layanan TI dengan metode activity based costing system sebagai salah satu cara untuk menilai investasi TI. Metode yang digunakan adalah dengan cara memposisikan departemen TI sebagai bisnis mandiri yang menjual layanan kepada departemen lain dalam satu organisasi (IT as a service - ITaaS). Untuk menilai investasi pada departemen TI dilakukan dalam 3 tahapan, 1) Lakukan departementalisasi biaya overhead, 2)Hitung biaya pokok produksi jasa layanan TI, 3) Lakukan analisis investasi menggunakan simulasi arus kas menggunakan metode net present value. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi pendukung keputusan untuk membantu manajemen dalam menentukan pelaksanaan investasi TI, harus dilakukan sendiri (inhouse) atau membeli dari pihak luar (outsource). Dengan cara ini, kerugian akibat kesalahan dalam melaksanakan investasi TI dapat dihindari, karena analisa dilakukan sebelum investasi TI dilaksanakan. 

Kata kunci: Investasi teknologi informasi, Net Present Value (NPV), Activity Based Costing System (ABC), IT as a Service (ITaas)


Pendahuluan

Dalam beberapa dekade terakhir, organisasi di seluruh dunia menghabiskan dana yang sangat besar untuk investasi dibidang teknologi informasi dan sekitar sepertiga dari pengeluaran Teknologi Informasi (TI) adalah sia sia atau dibatalkan sebelum sepenuhnya selesai, sementara itu 53% dari project TI menghabiskan hampir dua kali lipat dari biaya yang diperkirakan sebelumnya (Ryan & Gates, 2004).Bagi pelaku usaha, mengetahui nilai investasi dan seberapa besar keuntungan yang didapat dengan investasi teknologi tersebut sangat penting, pelaku usaha tidak mungkin menjalankan organisasi tanpa teknologi tapi mereka juga tidak bisa melakukan investasi dibidang teknologi tanpa pertimbangan dan persetujuan dari department keuangan (Martin, 2011).


Untuk lebih lengkapnya silahkan donwload di link dibawah ini :

Jurnal : Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Harga Layanan Teknologi Informasi