JURNAL - SMART AUTHENTICITY DOCUMENT: SIMULASI PENERAPAN RFID SEBAGAI TANDA KEASLIAN IJAZAH BERBASIS ONLINE

JURNAL - SMART AUTHENTICITY DOCUMENT: SIMULASI PENERAPAN RFID SEBAGAI TANDA KEASLIAN IJAZAH BERBASIS ONLINE

JURNAL - SMART AUTHENTICITY DOCUMENT: SIMULASI PENERAPAN RFID SEBAGAI TANDA KEASLIAN IJAZAH BERBASIS ONLINE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis model sistem sebagai simulasi untuk mempermudah sistem pengecekan keaslian ijazah menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Diharapkan model sistem ini dapat digunakan sebagai solusi alternatif menangani pemalsuan ijazah dan membantu serta memudahkan pengecekan keaslian ijazah. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development yang terbagi menjadi 8 tahapan. Tahapan tersebut yaitu identifikasi potensi dan masalah, dilanjutkan dengan pengumpulan data dan desain sistem. Desain tersebut selanjutnya diimplementasikan dan divalidasi. Hasil dari validasi tersebut melahirkan bagian yang perlu direvisi. Setelah direvisi, sistem diuji cobakan kepada pengguna. Hasil dari uji coba ini digunakan untuk membentuk sistem akhir. Penelitian menghasilkan perangkat keras yang diperlukan adalah RFID tag dan reader serta perangkat PC, sedangkan perangkat lunak yaitu aplikasi sistem otomatis dengan bantuan teknologi RFID untuk mengecek data ijazah dengan database secara online. Hasil dari pengujian usability oleh pengguna, didapatkan hasil dalam kategori “cukup layak” dengan presentase 56,38%.
Kata kunci: pengecekan ijazah, RFID, kelayakan

PENDAHULUAN
Dokumen merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Apalagi di era globalisasi yang menuntut umat manusia untuk selalu mendokumentasikan tanda kepemilikan. Mayoritas aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara pun tidak luput dari penggunaan dokumen.
Pentingnya sebuah dokumen telah mengundang berbagai jenis kejahatan. Kejahatan yang paling marak adalah pemalsuan dokumen-dokumen penting. Ijazah merupakan salah satu dari dokumen yang paling sering dipalsukan. Salah satu penyebab maraknya tindak pemalsuan ini adalah mudahnya pembuatan dokumen palsu tersebut dan belum adanya sistem pengecekan keaslian yang dibuat menyeluruh serta mudah dan cepat diakses.

DOWNLOAD JURNAL