JURNAL : SISTEM MANAJEMEN PRODUK SISWA BERBASIS WEB DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI

JURNAL : SISTEM MANAJEMEN PRODUK SISWA BERBASIS WEB DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI

JURNAL : SISTEM MANAJEMEN PRODUK SISWA BERBASIS WEB DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI
ABSTRAK - Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) merancang dan membuat sistem manajemen produk siswa berbasis web di SMK Muhammadiyah Wonosari yang sesuai dengan kebutuhn sekolah; dan (2) mengetahui tingkat kelayakan sistem berdasarkan aspek functionality, usability, reliability, efficiency, maintainability dan portability. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode pengembangan sistem manajemen ini adalah metode Waterfall yang meliputi: (1) definisi persyaratan untuk mengetahui kebutuhan sistem yang akan dikembangkan; (2) perancangan sistem dan perangkat lunak; (3) implementasi & pengujian unit; dan (4) pengujian sistem (perangkat lunak). Pada pengujian perangkat lunak menggunakan beberapa instrumen penelitian sesuai dengan standar ISO 9126. Berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak yang dikembangkan menunjukkan hasil: (1) sistem manajemen produk siswa berbasis web telah berhasil dirancang dan dibuat. Sistem yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan sekolah SMK Muhammadiyah Wonosari sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal; dan (2) hasil dari analisis kualitas perangkat lunak telah memenuhi standar faktor kualitas perangkat lunak dari aspek functionality, reliability, efficiency, usability, maintainability dan portability.
Kata Kunci: Manajemen Produk Siswa, WEB, ISO 9126

PENDAHULUAN - SMK Muhammadiyah Wonosari merupakan salah satu instansi pendidikan (sekolah) kejuruan yang memiliki berbagai kompetensi keahlian, seperti Multimedia, Animasi, Jasa Boga, Perbankan Syariah dan kutansi. Kompetensi keahlian Multimedia dan Animasi merupakan kompetensi keahlian yang memiliki unsur seni yang tinggi, setiap semester kompetensi keahlian ini selalu menghasilkan produk – produk berupa CD – CD yang memadukan antara desain dengan media interaktif sehingga menghasilkan media pembelajaran, tutorial, video klip, animasi dan sebagainya. Semua produk siswa dikelola oleh pihak sekolah dan ditempatkan di laboratorium komputer. Produk – produk tersebut diletakan di dalam laboratorium komputer dan ditempelkan di tembok yang sebelumnya telah dipasang rak.

DOWNLOAD JURNAL