gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN ANIMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 KASIHAN

Post a Comment
JURNAL : HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN ANIMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 KASIHAN
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kompetensi keahlian animasi di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul.
Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Jenis penelitian ini menurut pendekatannya merupakan penelitian deskriptif korelasional. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket atau kuesioner dan dokumentasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Animasi SMK Negeri 3 Kasihan yang berjumlah 26 siswa yang terdiri satu kelas. Untuk uji hipotesis menggunakan korelasi product moment dan regresi berganda.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar animasi, dengan koefisien korelasi Pearson sebesar -0,152; (2) Terdapat hubungan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar animasi, dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,320; (3) Tidak terdapat hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar, sumbangan nilai determinasi hanya sebesar 16,9%, dan F hitung sebesar 2,346 lebih kecil dari F tabel sebesar 3,40.
Kata kunci : perhatian orang tua, motivasi berprestasi, prestasi belajar

PENDAHULUAN - Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk melakukan bimbingan terhadap peserta didik oleh pendidik untuk menuju kedewasaan peserta didik. Di satu pihak pendidikan mempersiapkan peserta didik untuk menjadi manusia dengan perilaku yang sesuai dengan nilai, norma dan peraturan yang berlaku di masyarakat.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment