JURNAL : SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN VB 6.0 (VISUAL BASIC) DI SMK 1 SEDAYU

JURNAL : SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN VB 6.0 (VISUAL BASIC) DI SMK 1 SEDAYU

JURNAL : SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN VB 6.0 (VISUAL BASIC) DI SMK 1 SEDAYU
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menganalisis Sistem Informasi Bimbingan Konseling di SMK 1 Sedayu menggunakan VB 6.0 (Visual Basic) dan database MySQL dan melakukan analisis kualitas pada aplikasi yang dibuat, khususnya pada kualitas correctness, functionality, maintainability, dan usability. Pembuatan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Menggunakan VB 6.0 (Visual Basic) di SMK 1 Sedayu dilakukan dengan kaidah rekayasa perangkat lunak (software engineering) yaitu dimulai dari proses communication (analisis kebutuhan), planning (perencanaan), modeling (perancangan), construction (kostruksi), deployment (penyebaran). Analisis faktor kualitas correctness dilakukan dengan perhitungan jumlah error / KLOC. Analisis faktor kualitas functionality dilakukan dengan pengujian setiap aplikasi menggunakan test case. Analisis faktor maintainability dilakukan dengan menggunakan pengujian pada tiga aspek maintainability sesuai dengan software quality metrics yaitu consistency, instrumentation, simplicity. Hasil dari pembuatan aplikasi yaitu Sistem Informasi Bimbingan Konseling yang sesuai dengan prosedur penanganan masalah pada siswa di SMK 1 Sedayu. Hasil analisis menunjukan bahawa aplikasi yang dikembangkan memenuhi semua standar faktor kualitas yang diujikan yaitu correctness, functionality, maintainability, dan usability.
Kata kunci : sistem informasi bimbingan konseling, correctness, functionality, maintainability, usability, consistency, instrumentation, simplicity, VB 6.0

PENDAHULUAN - Perkembangan teknologi dan komunikasi mengalami kemajuan yang luar biasa. Kemajuan tersebut bisa dilihat dari berbagai aspek kehidupan, mulai dari aspek pemerintahan, sosial, organisasi, seni budaya, pertanian, pendidikan dan misih banyak lagi. Dalam aspek pendidikan misalnya, kehadirannya teknologi telah memberikan dampak yang cukup besar. Teknologi tersebut telah banyak digunakan dalam proses belajar mengajar dan manajeman pendidikan dengan tujuan agar mutu pendidikan lebih maju dan berkualitas.

DOWNLOAD JURNAL