JURNAL : RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI UNIVERSITAS BENGKULU SEBAGAI PANDUAN PENGENALAN KAMPUS MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

JURNAL : RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI UNIVERSITAS BENGKULU SEBAGAI PANDUAN PENGENALAN KAMPUS MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

JURNAL : RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI UNIVERSITAS BENGKULU SEBAGAI PANDUAN PENGENALAN KAMPUS MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini ialah untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang kampus Universitas Bengkulu pada smartphone android yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat, sehingga informasi dapat menyebar luas dan diperoleh dengan mudah. Aplikasi ini juga memudahkan pencarian data karyawan dan menemukan lokasi fasilitas kampus dengan memanfaatkan peta dari Google maps dan teknologi Markerless Augmented Reality menunjukkan lokasi fasilitas dalam kampus. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java untuk android dengan IDE Eclipse 3.5. Metode yang digunakan dalam pengembangan program ini adalah model yang linier sekuensial dengan Unified Modelling Language (UML) sebagai desain sistem. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi informasi kampus Universitas Bengkulu yang dapat digunakan sebagai pedoman pada smartphone android dengan tampilan yang user friendly dan mudah digunakan.
Kata Kunci: Android, Bengkulu University, Google Maps, Markerless Augmented Reality,UML, Location-Based Service.

PENDAHULUAN
Universitas Bengkulu merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Bengkulu yang tersebar pada tiga lokasi yaitu Kampus Induk (Kandang Limun), Air Sebakul dan Cimanuk. Kampus Induk Universitas Bengkulu berlokasi di Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Dengan luas lahan 97.84 Ha [1].

DOWNLOAD JURNAL