JURNAL : PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMISI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI

JURNAL : PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMISI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI

JURNAL : PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMISI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI
ABSTRAK - Kegiatan pengelolaan akademik di Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado khususnya dalam proses pendaftaran mahasiswa baru masih menggunakan model sistem manual yaitu masih menggunakan formulir pendaftaran tertulis. Proses yang sering kali tidak efisien dan memakan waktu yang lama, serta data yang mudah hilang atau tercecer merupakan kelemahan dari model sistem ini. Konsep rekayasa perangkat lunak serta analisa dan perancangan sistem menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Rapid Application Development (RAD) dan Web Engineering (WebE) dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Proses analisa dan perancangan sistem dengan kombinasi dua metode tersebut dapat menghasilkan sebuah Sistem Informasi Admisi berbasis web yang sudah dapat digunakan dan memiliki dokumentasi yang lengkap.
Kata kunci: Sistem Informasi Admisi, Program Pascasarjana Unsrat, RAD, WebE

PENDAHULUAN - Sutabri[1] mendefinisikan sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Kegiatan akademik Program Pascasarjana Unsrat khususnya dalam proses pendaftaran mahasiswa baru masih menggunakan model sistem yang lama yaitu masih menggunakan formulir tertulis dan belum menggunakan atau mengembangkan sebuah teknologi di bidang Teknologi Informasi (TI) seperti misalnya sistem informasi pendaftaran berbasis web.
Masalah pendaftaran mahasiswa baru ini seharusnya sudah bisa teratasi dengan teknologi yang ada sekarang. Sudah banyak perguruan tinggi bahkan sekolah yang sudah menggunakan sistem informasi berbasis web dalam meyelesaikan masalah pendaftaran ini. Selain itu, dengan adanya teknologi internet yang tersedia di mana saja membuat akses ke sistem informasi berbasis web menjadi semakin mudah.
Hal ini yang menyebabkan penulis merasa perlu merancang suatu teknologi untuk mengefisiensi proses penerimaan mahasiswa baru ini ke dalam sebuah sistem informasi admisi berbasis web, guna mempermudah proses pendaftaran mahasiswa baru di Program Pascasarjana Unsrat Manado.

DOWNLOAD JURNAL