ABSTRAK : PERANCANGAN MOBILE LEARNING ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

ABSTRAK : PERANCANGAN MOBILE LEARNING ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

ABSTRAK : PERANCANGAN MOBILE LEARNING ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
ABSTRAK - Penelitian yang berjudul “Perancangan Mobile Learning Praktikum Algoritma & Pemrograman” ini merupakan sebuah perancangan yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi mobile learning untuk menunjang kegiatan praktikum algoritma dan pemrograman yang dapat berjalan pada sistem informasi android. Metode yang digunakan sebagai tahapan penelitian yang adalah metodologi Rapid Application Development (RAD) yang merupakan metode proses perangkat lunak yang menekankan pada daur pengembangan hidup yang singkat. Data yang dijadikan sebagai sebuah peryaratan kebutuhan didapatkan dari wawancara kepada dosen pengampu dan asisten praktikum serta pembagian kuisioner kepada mahasiswa fakultas teknik informatika yang mengontrak mata kuliah praktikum algoritma dan pemrograman. Dari data tersebut terdapat masalah-masalah yang mempengaruhi proses praktikum yaitu kurangnya waktu dan tempat untuk melaksanakan praktikum, maka dapat dikatakan perlu untuk membangun aplikasi mobile learning yang dapat menjadi penunjang proses kegiatan praktikum.
Kata kunci: Mobile Learning, Rapid Application Development, Android

PENDAHULUAN - Kegiatan praktikum algoritma dan pemrograman di Fakultas Teknik Prodi Infromatika Universitas Sam Ratulangi berlansung sesuai jadwal mata kuliah yang telah di tentukan yaitu satu jam perkuliahan setiap minggunya. Kegiatan praktikum sendiri masih menggunakan pembelajaran konseptual yang mengharuskan praktikan membaca modul untuk memahami konsep terlebih dahulu untuk dapat mengikuti pretest (tes awal) sebelum praktikum dimulai. Hal tersebut menimbulkan beberapa permasalahan dalam segi waktu dimana untuk bisa melaksanakan semua kegiatan praktikum tersebut tidak dapat dilaksanakan sekaligus hanya dalam waktu satu jam perkuliahan, selain itu tempat untuk melaksanakan praktikum belum dapat menampung praktikan sekaligus. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang sebuah aplikasi mobile learning yang dapat menunjang kegiatan praktikum algoritma dan pemrograman.
Pendekatan Rapid Application Development (RAD) sebagai metode penelitian untuk merancang aplikasi mobile learning praktikum algoritma dan pemrograman ini.

DOWNLOAD JURNAL