gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : Pengelompokan Berita Indonesia Berdasarkan Histogram Kata Menggunakan Self-Organizing Map

Post a Comment
JURNAL : Pengelompokan Berita Indonesia Berdasarkan Histogram Kata Menggunakan Self-Organizing Map
Abstrak
Berita merupakan sumber informasi yang dinantikan oleh manusia setiap harinya. Manusia membaca berita dengan kategori yang diinginkan. Jika komputer mampu mengelompokkan berita secara otomatis maka tentunya manusia akan lebih mudah membaca berita sesuai dengan kategori yang diinginkan. Pengelompokan berita yang berupa artikel secara otomatis sangatlah menarik karena mengorganisir artikel berita secara manual membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.
Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem aplikasi untuk pengelompokkan artikel berita dengan menggunakan algoritma Self Organizing Map. Artikel berita digunakan sebagai input data. Kemudian sistem melakukan pemrosesan data untuk dikelompokkan. Proses yang dilakukan sistem meliputi preprocessing, feature extraction, clustering dan visualize. Sistem yang dikembangkan mampu menampilkan hasil clustering dengan algoritma Self Organizing Map dan memberikan visualisasi dengan smoothed data histograms berupa island map dari artikel berita. Selain itu sistem dapat menampilkan koleksi dokumen dari lima kategori berita yang ada pada tiap tahunnya dan banyaknya kata (histogram kata) yang sering muncul pada tiap arikel berita. Pengujian dari sistem ini dengan memasukan artikel berita, kemudian sistem memprosesnya dan mampu memberikan hasil cluster dari artikel berita yang dimasukan.
Kata kunci— Pengelompokkan berita Indonesia, pengelompokkan berdasar histogram kata, pengelompokan berita menggunakan SOM

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment