gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI WULUHADEG

Post a Comment
JURNAL : PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI WULUHADEG
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pengaruh kegiatan belajar di laboratorium komputer terhadap kemandirian belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian siswa, (3) Mengetahui pengaruh kegiatan belajar di laboratorium komputer dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SD Negeri Wuluhadeg sebanyak 93 anak. Ukuran sampel sebanyak 78 anak ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara penggunaan laboratorium komputer sebagai pendukung pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa di SD Negeri Wuluhadeg ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3,743 (> ttabel = 2,000) pada signifikansi 5%, (2) Terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SD Negeri Wuluhadeg ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,261 (> ttabel = 2,000) pada signifikansi 5%, (3) Terdapat pengaruh positif antara penggunaan laboratorium komputer sebagai pendukung pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa di SD Negeri Wuluhadeg sebesar 32,5% ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 18,063 (> Ftabel = 3,11).
Kata kunci: Penggunaan Laboratorium Komputer, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar

PENDAHULUAN
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin cepat. Hal itu menuntut semua pihak untuk mengikutinya. Persaingan global yang semakin ketat juga sangat berpengaruh pada semua sendi kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar nantinya juga dapat bersaing secara global.
Laboratorium komputer menjadi salah satu sarana pendukung kelancaran kegiatan pembelajaran. SD Negeri merupakan salah satu sekolah dasar yang mempunyai laboratorium komputer lengkap dan memadai. Berbeda dengan sekolah-sekolah lain, SD N Wuluhadeg tidak menyelenggarakan matapelajaran TIK. Namun, laboratorium komputer tersebut dimanfaatkan sebagai pendukung pembelajaran secara umum.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment