JURNAL : ANALISIS USABILITY WEBSITE AKADEMIK PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ELECTREE, GRA, DANWPM

JURNAL : ANALISIS USABILITY WEBSITE AKADEMIK PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ELECTREE, GRA, DANWPM

JURNAL : ANALISIS USABILITY WEBSITE AKADEMIK PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ELECTREE, GRA, DANWPM
Abstrak - Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas usability website akademik perguruan tinggi di Indonesia serta untuk mengetahui pengaruh kualitas usability website terhadap peringkat dalam perankingan Webometrics. Hasil analisis kemudian disajikan dalam bentuk perankingan, menggunakan metode ELECTREE, Grey Relational Analysis, dan Weighted Product Model. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil perankingan dari ketiga metode tersebut.Objek penelitian ini adalah lima website akademik universitas negeri di Indonesia, yaitu UNY, UGM, UNDIP, UNAIR, UI. Hasil perankingan dari ketiga metode kemudian dibandingkan menggunakan tes Friedman. Masing-masing hasil perankingan dari ketiga metode tersebut juga akan dibandingkan dengan hasil perankingan Webometrics yang dirilis pada bulan Januari 2014 dengan menggunakan tes Spearman.Hasilperankingan menggunakan metode ELECTREE, Grey Relational Analysis, dan Weighted Product Model adalah signifikan samapada uji Friedman. Perbandingan hasil perankingan metode Grey Relational Analysis, dan ELECTREE dengan hasil perankingan Webometrics adalah signifikan samanamuntidakuntukmetodeWeighted Product Modelpada uji Spearman untuk metode, Grey Relational Analysis mempunyai nilai 0.850, dan ELECTREE 0,400 dan untuk Weighted Product Model sebesar 0.200 Kualitas usability berpengaruh terhadap peringkat dalam perankingan Webometrics. Terbukti semakin baik kualitas usability website semakin tinggi peringkat website dalam perankingan Webometrics.
Kata kunci: usability website, ELECTREE, Grey Relational Analysis, Weighted Product Model, Webometrics Ranking, website akademik

PENDAHULUAN - Dalam era globalisasi, menjadi sebuah tuntutan bagi sebuah institusi untuk dapat bersaing dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Tuntutan ini berlaku pula bagi sebuah institusi akademik. Sekolah, Universitas, dan Lembaga akademik lainnya secara tidak langsung harus eksis di dalam media-media yang sedang berkembang. Adapun website merupakan salah satu media tersebut.

DOWNLOAD JURNAL