JURNAL : PEMOGRAMAN ROBOT PENARI LEGONG KERATON BALI PADA KRSI (KONTES ROBOT SENI INDONESIA) 2014

JURNAL : PEMOGRAMAN ROBOT PENARI LEGONG KERATON BALI PADA KRSI (KONTES ROBOT SENI INDONESIA) 2014

JURNAL : PEMOGRAMAN ROBOT PENARI LEGONG KERATON BALI PADA KRSI (KONTES ROBOT SENI INDONESIA) 2014
ABSTRAK - Penelitian ini bertujuan merancang dan mebangun pemograman robot penari legong keraton yang dipentaskan pada KRSI 2014. Robot harus dapat menari tarian Legong Keraton dan bergerak mengikuti alunan musik tarian. Robot penari tersebut dimodifikasi dari robot BIOLOID PREMIUM tipe-A dengan titik sendi derajat kebebasan (DOF) yang dimodifikasi dari yang sebelumnya berjumalah 18 menjadi 21 titik DOF.
Modifikasi dilakukan juga pada Tinggi robot yang sebelumnya hanya 38,7 cm menjadi 50 cm. Software pemograman yang digunakan pada penelitian ini yaitu RoboPlus. RoboPlus terdiri dari tiga bagian software yaitu RoboPlus Task, RoboPlus Manager dan RoboPlus Motion.
Robot Penari akan mengikuti gerakan tari legong keraton yang terdiri dari empat struktur gerakan utama yaitu papeson, pangawak, pengecet dan pakaad. Dengan masing-masing gerakan memiliki ciri khas yang berbeda. Harapan pada robot penari ini dapat meberikan pengenalan terhadap budaya tari legong keraton dan dapat membangkitkan kecintaan dan pelestarian budaya-budaya nasional dalam hal ini tarian legong keraton
Kata Kunci : Robot Penari, Tari legong Keraton, RoboPlus

PENDAHULUAN - KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia)[1] Merupakan suatu pentas kompetisi perancangan dan pembuatan robot yang disertai unsur-unsur seni dan budaya bangsa indonesia. Robot tersebut berpentas dengan menunjukan kepiawaiannya dalam melakukan gerak tari yang mengikuti alunan musik tarian pengiring. Robot yang dirancang dan dibuat harus menyerupai bentuk manusia yang memiliki kaki, tangan, badan dan kepala. Adapun spesifikasi jumlah sendi robot seni dibatasi dalam aturan kontes KRSI. Tema yang diberikan dalam KRSI 2014 yaitu Tari legong keraton.
Tari legong keraton merupakan tarian yang berasal dari Bali yang sering dipentaskan pada acara adat daerah tersebut. Tarian legong keraton populer dan kerap ditampilkan dalam pertunjukan wisata, tarian ini ditarikan oleh dua orang legong dan seorang condong. Gerakan tarian ini memiliki empat struktur gerakan

DOWNLOAD JURNAL