gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL - Model Komputasi Paralel Algoritma Seleksi Clonal dengan Java Message Passing Model - MPJExpress

Post a Comment
JURNAL - Model Komputasi Paralel Algoritma Seleksi Clonal dengan Java Message Passing Model - MPJExpress
ABSTRAK - Penelitian menghasilkan empat model komputasi paralel untuk algoritma seleksi clonal, clonal selection algorithm (CSA) yang diberi nama Clonal Selection – Inspired Parallel Algorithm (CSI-PA). Model komputasi paralel diperoleh dengan mengeksploitasi potensi paralelisme pada seleksi clonal dan algoritma seleksi clonal serta memperhatikan aspek terkait desain komputasi paralel, yaitu partisi data dan komunikasi antar proses. Model pertama melakukan partisi data dengan komunikasi terkontrol oleh master, (Global single-population master-slave model). Model kedua melakukan partisi data dengan komuniksi berlaku antar seluruh proses (single-population coarse-grained model). Model ketiga tidak ada partisi data dan komunikasi terkontrol oleh master (multiple-population master-slave model). Model keempat tidak ada partisi data sedangkan komunikasi berlaku antar seluruh proses (multiple-population coarse-grained model). 
Kata Kunci Clonal Selection Algorithm, Clonal Selection – Inspired Parallel Algorithm (CSI-PA), Java Message Passing Model, MPJExpress, Traveling Salesperson Problem.

PENDAHULUAN - Pada persoalan kompleks, pendekatan heuristik menjadi tawarasan solusi dimana feasible time limit menghasilkan acceptable solution. Algoritma seleksi clonal (Clonal Selection Algorithm/CSA) sebagai solusi heuristik berbasis populasi, telah mampu menyelesaikan persoalan kombinatorial, khususnya Traveling Salesman Problem/TSP [6] [15]. Algoritma ini merupakan bagian dari Artificial Immune System/AIS, suatu pendekatan berbasis inspirasi dari sistem biologi (Bio-Inspired Computing), khususnya sistem imun, untuk menyelesaikan persoalan kompleks [1] [19]. Pendekatan ini seperti pendekatan populasi lainnya, memerlukan waktu komputasi yang tidak

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment