JURNAL : INTEGRASI PROSES BISNIS PADA PERUSAHAAN GALANGAN KAPAL PT “XYZ” SHIPYARD MENGGUNAKAN OPENERP

JURNAL : INTEGRASI PROSES BISNIS PADA PERUSAHAAN GALANGAN KAPAL PT “XYZ” SHIPYARD MENGGUNAKAN OPENERP

JURNAL : INTEGRASI PROSES BISNIS PADA PERUSAHAAN GALANGAN KAPAL PT “XYZ” SHIPYARD MENGGUNAKAN OPENERP
ABSTRAK - Pada industri galangan kapal, komponen penyusun sebuah kapal sangat bervariasi dan banyak. Kapal diproduksi berdasarkan pesanan dan menyesuaikan dengan permintaan konsumen. Proses bisnis yang terjadi pada perusahaan galangan kapal dalam proses pembuatan kapal melalui beberapa tahap, mulai dari desain hingga pengiriman kapal jadi ke konsumen. Proses-proses tersebut masih dilakukan secara manual sehingga dapat menimbulkan beberapa kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan sistem yang mampu mempercepat dan mempermudah operasional proses bisnis pada perusahaan galangan kapal ini. Sistem informasi yang dimaksud adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Penelitian ini menilik mengenai implementasi OpenERP di perusahaan PT. XYZ sebagai aplikasi untuk mengintegrasikan proses bisnisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa OpenERP dapat menjawab permasalahan yang dihadapi pada proses bisnis perusahaan galangan kapal ini. Dengan menggunakan sistem ERP ini menawarkan sistem terintegrasi di dalam perusahaan, tetapi keberhasilan sistem ERP tergantung pada strategi implementasi yang diterapkan. Pengguna merasakan manfaat dari sistem ERP ini. Tetapi ada keraguan dari pengguna untuk berpindah
sistem, alasan utama keraguan pengguna untuk berpindah sistem adalah tradisi, kultur, waktu dan biaya proses perpindahan sistem.
Kata kunci: Galangan kapal, Open ERP, enterprise resource planning.

PENDAHULUAN - Galangan kapal (shipyard) adalah sebuah tempat yang dirancang untuk membuat dan memperbaiki kapal. Pada umumnya, industri galangan kapal mempunyai dua bisnis utama yaitu pembuatan kapal baru (new build) dan jasa reparasi (repair and docking). Sedangkan jenis kapal yang diproduksi bervariasi mulai dari kapal perang, kapal patroli, kapal ferry dan penumpang, kapal cargo, sampai dengan kapal pesiar bahkan jenis kapal lainnya. Komponen-komponen penyusun kapal sangat banyak dan bervariasi, tetapi pada umumnya hampir sama untuk setiap jenis kapal. Perbedaan yang ada terutama terletak pada spesifikasi komponen dan tambahan peralatan tertentu sesuai fungsi kapal tersebut, misal panjang dan model plat, jenis mesin induk, jenis radar, jenis peralatan navigasi dan komunikasi, cargo handling system, dan lain-lain. Pada penelitian ini, proses bisnis yang dibahas adalah proses bisnis pembuatan kapal baru yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan pasar kapal pratoli cepat 14 meter.

DOWNLOAD JURNAL