gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : EVALUASI KUALITAS WEBSITE DITINJAU DARI KEPUASAN USER DENGAN WEB ANALYTIC (STUDI KASUS PADA WEBSITE MAJALAH LIVINGETC INDONESIA)

Post a Comment
JURNAL : EVALUASI KUALITAS WEBSITE DITINJAU DARI KEPUASAN USER DENGAN WEB ANALYTIC (STUDI KASUS PADA WEBSITE MAJALAH LIVINGETC INDONESIA)
ABSTRAK - Tujuan penelitian ini evaluasi website livingetcindonesia.com untuk mendapatkan kualitas website apa saja yang tepat untuk meningkatkan kepuasan user sebagai media online majalah Livingetc dan sejauh mana tingkat kepuasan user terhadap penyajian website Livingetc. Kriteria kualitas website perceived usefulness, ease of use, ease of finding information, dan design/layout of page yang diteliti untuk mengetahui pengaruh terhadap kepuasan user. Analisa terhadap infrastruktur website sudah memenuhi kebutuhan web dan database server, struktur database, web analytics untuk mengetahui kunjungan user pada website dan wilayah/lokasi dimana user mengunjungi website. Hasil survei menunjukkan variabel Perceived usefullness, Ease of use, Ease of finding information, dan Design/Layout of page berpengaruh signifikan terhadap kepuasan user.
Kata kunci: Kepuasan user website, kualitas website, web analytics.

PENDAHULUAN - Kemajuan teknologi telah membawa perubahan pada industri media mulai dari mengumpulkan, menghasilkan, dan menyampaikan informasi. Sistem media tradisional mendistribusikan informasi melalui media cetak seperti koran dan majalah yang memerlu-kan siklus proses penyampaian informasi dengan mengubahnya menjadi bentuk cetak untuk disampai-kan ke pelanggan. Kemajuan teknologi telah meng-ubah industri media dari bentuk cetak menjadi digital yang membuat pengumpulan dan distribusi informasi menjadi semakin mudah yang dikenal sebagai media baru [6].
Website telah menjadi hal penting dalam kehidupan dalam beberapa tahun untuk memberikan berbagai informasi. Website telah tumbuh dengan cepat dalam berbagai lingkup dan penggunaanya, dengan didukung kemajuan internet dan teknologi web dan standar web yang berkembang. Banyak website yang ada saat ini tidak memperhatikan kriteria pembuatan website yang baik dan benar, meskipun panduan kriteria untuk membuat website yang baik telah beredar secara gratis. Menurut survei Unica, website digunakan sebesar 57% untuk menyampaikan informasi ke pelanggan [24]. Website menyajikan informasi yang lebih cepat dan muktahir kepada pelanggan tanpa harus melalui media cetak terlebih dahulu.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment