JURNAL : IMPLEMENTASI AUTOMATIC TRANSFER SWITCH BERBASIS PLC PADA LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRONIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS LAMPUNG

JURNAL : IMPLEMENTASI AUTOMATIC TRANSFER SWITCH BERBASIS PLC PADA LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRONIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS LAMPUNG

JURNAL : IMPLEMENTASI AUTOMATIC TRANSFER SWITCH BERBASIS PLC PADA LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRONIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS LAMPUNG
ABSTRAK - Laboratorium Elektronika Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung merupakan tempat bagi para mahasiswa dalam melakukan studi, praktikum maupun penelitian dengan listrik sebagai kebutuhan utamanya. Tanpa listrik, kegiatan-kegiatan tersebut akan terhenti.
Sebagaimana diketahui, listrik di Indonesia dilayani oleh Perusahaan Listrik Indonesia yang merupakan satu-satunya perusahaan terbesar yang menyediakan listrik untuk Indonesia. Sehingga ketika terjadi pemadaman akibat adanya perawatan, tidak ada suplai daya cadangan yang dapat melayani. Kalaupun ada, itu berupa genset yang melayani listrik secara terbatas. Selain itu perlu peran manusia dalam mengoperasikannya. Pengoperasian oleh manusia memiliki banyak kelemahan. Untuk itu, perlu adanya sebuah alat atau mekanisme yang dapat menggantikan kerja yang dilakukan secara manual oleh manusia menjadi otomatis.
Automatic Transfer Switch (ATS) merupakan salah satu solusi pemecahan masalah ini. ATS ini akan menggantikan peran operator genset yang harus siaga saat terjadi pemadaman pada sumber utama listrik yaitu PLN. Pekerjaan yang digantikan oleh ATS dari operator di antaranya menyalakan genset saat terjadi pemadaman (starting genset), memantau kondisi operasi genset hingga normal dan siap menyuplai daya, memindahkan saklar beban utama dari sumber listrik PLN ke genset maupun sebaliknya serta mematikan genset saat sumber listrik PLN sudah kembali menyuplai daya.
Kata kunci : Genset, PLN, Beban, ATS

PENDAHULUAN - Laboratorium Teknik Elektronika merupakan salah satu Laboratorium yang ada di Jurusan Teknik Elektro. Dalam aktivitas sehari-hari, laboratorium ini sering dipakai untuk praktikum dan mengerjakan penelitian. Untuk keperluan tersebut, dibutuhkan suplai daya listrik yang stabil dan terus-menerus. Jika listrik tidak ada, maka kegiatan tersebut akan tertunda sehingga kegiatan tersebut tidak selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan satu-satunya perusahaan yang menyediakan listrik di Indonesia. Hal ini membawa sisi positif maupun negatif. Diantaranya PLN dapat memberikan pelayanan listrik yang terbaik dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi ketika pihak PLN akan melakukan perawatan yang harus memadamkan listrik maka tidak ada sumber listrik lain yang dapat menjadi cadangan. Satu-satunya yang dapat dilakukan oleh pengguna listrik PLN adalah dengan menyediakan sumber listrik mandiri atau yang biasa disebut dengan Generator Set atau Genset.

DOWNLOAD JURNAL