JURNAL : ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI “NEED FOR SAFETY” SEBAGAI SARANA PENGENALAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN

JURNAL : ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI “NEED FOR SAFETY” SEBAGAI SARANA PENGENALAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN

JURNAL : ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI “NEED FOR SAFETY” SEBAGAI SARANA PENGENALAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN
Abstrak - Penggunaan media atau sarana belajar yang menarik khususnya dalam pengenalan rambu-rambu lalu lintas adalah cara yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Aplikasi permainan “Need For Safety” merupakan media yang dijalankan di smartphone android yang dikembangkan sebagai sarana pendidikan siswa dalam mengenal dan mempelajari rambu-rambu-lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi permainan sebagai sarana belajar siswa untuk mengenal macam-macam rambu lalu lintas yang memenuhi aspek functionality, efficiency, usability, dan portability (ISO 9126). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan langkah-langkah: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Desain dan Perancangan Sistem, 3) Pengembangan Perangkat Lunak, 4) Pengujian White Box, Black Box, Portability, dan Alpha, 5) Revisi Tahap I, 6) Pengujian Beta, 7) Revisi Tahap II, 8) Produk Akhir. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru SDN Pujokusuman 1 dan anggota polisi bagian lalu lintas Polsek Bulaksumur. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan bantuan lembar observasi dan kuesioner. Hasil yang diperoleh berdasarkan prosedur pengujian kualitas perangkat lunak pada pengujian alpha adalah aspek functionality dengan nilai sebesar 90,00% (sangat layak), aspek efficiency sebesar 80,00% (layak), dan usability sebesar 86,25% (sangat layak). Hasil keseluruhan dari tiga aspek yang menjadi fokus pada uji alpha adalah 86,88% (sangat layak). Pengujian selanjutnya yaitu pengujian beta diperoleh hasil untuk aspek functionality sebesar 96,67% (sangat layak), aspek efficiency sebesar 93,60% (sangat layak), aspek usability sebesar 94,80% (sangat layak), dan aspek portability sebesar 94,00% (sangat layak). Hasil keseluruhan dari empat aspek kualitas perangkat lunak yang menjadi fokus pada uji beta adalah 95,20% (sangat layak). Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat lunak “Need For Safety” telah memenuhi kaidah software quality sesuai standar ISO 9126 karena minimal memperoleh nilai dengan kategori “layak” pada setiap pengujian aspeknya.
Kata kunci: media belajar, rambu-rambu lalu lintas, android, ISO 9126

PENDAHULUAN - Indonesia merupakan salah satu Negara engan jumlah penduduk yang besar, sehingga menjadikan Negara ini sebagai Negara dengan penduduk terpadat keempat di dunia. Padatnya penduduk di Indonesia menyebabkan timbulnya tuntutan akan kebutuhan transportasi. Transportasi adalah sarana penunjang yang memiliki peran penting yang dibutuhkan dalam aktivitas ekonomi dan sosial. Kebutuhan akan sarana transportasi yang semakin tinggi juga mengakibatkan meningkatnya risiko terjadi kecelakaan lalu lintas.

DOWNLOAD JURNAL