JURNAL : Alat Peraga Digital Pengenalan Pahlawan Sulawesi Utara

JURNAL : Alat Peraga Digital Pengenalan Pahlawan Sulawesi Utara

JURNAL : Alat Peraga Digital Pengenalan Pahlawan Sulawesi Utara
ABSTRAK - Pembelajaran pada saat ini sangat didukung oleh peran teknologi. Berbagai media pembelajaran terus bermunculan seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat. Begitu juga dengan proses pembelajaran yang dilakukan oleh anak khususnya yang berusia 4-10 tahun dimana mereka cenderung lebih menginginkan pembelajaran dengan konsep yang menarik biasanya berupa alat peraga yang bersifat permainan, agar dapat meningkatkan ketertarikan anak dalam proses pembelajaran. Karena anak-anak lebih tertarik melakukan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga maka dibuat alat peraga yang berupa permainan puzzle. Tujuan pembuatan alat peraga ini untuk mengenalkan Pahlawan dari Sulawesi Utara kepada anak usia 4-10 tahun. Permainan dikembangkan dengan menggunakan Game Engine Unity 3D pada platform yang berbasis desktop dengan tema Pahlawan. Metodologi yang digunakan dalam membuat aplikasi ini menggunakan Metode Pemrograman Ekstrem dan perancangan aplikasi menggunakan Unified Modelling Language. Kelebihan dari aplikasi alat peraga ini yaitu penggunaannya mudah dan dapat di mengerti oleh usia anak-anak. Setiap puzzle Pahlawan yang dimainkan akan memberikan informasi tentang biografi tentang Pahlawan tersebut jika permainan puzzle telah tersusun. Kata 

Kunci : Puzzle, Alat Peraga, Pahlawan, Unity 3D, Anak-anak


PENDAHULUAN - Media pembelajaran pada zaman sekarang ini tidak lepas dari peran teknologi yang semakin berkembang. Pembelajaran bukan hanya dilakukan di dalam lingkup sekolah, melainkan dimulai dari lingkup paling kecil yaitu keluarga dan berkembang sampai pada lingkup masyarakat. Dalam proses pembelajaran khususnya untuk anak-anak, sekarang ini banyak metode yang digunakan mulai dari menjelaskan secara langsung kepada anak sampai dengan menggunakan alat peraga yang memiliki bentuk khusus agar dapat membantu terjadinya proses pembelajaran. Alat peraga khusus untuk anak biasanya dalam bentuk permainan, karena selain untuk membantu proses belajar, anak dapat bermain serta bisa mengembangkan diri, melatih indera dan membantu otak anak dalam berpikir. [2] Salah satu permainan yang sering dipakai sebagai alat dalam proses pembelajaran anak adalah puzzle. Permainan puzzle dapat dimainkan oleh anak sebagai media atau alat peraga edukatif untuk proses pembelajaran dan pengembangan diri seorang anak. Konten pembelajaran bermacam- macam, namun penulis ingin mengangkat tentang Pengenalan Pahlawan, khususnya Pahlawan dari



DOWNLOAD JURNAL