Jurnal : Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android

Jurnal : Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android

Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android

Abstrak -- Bahasa adalah alat yang digunakan untuk komunikasi, bahasa inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan dalam berkomunikasi secara internasional. Bahasa inggris akan lebih mudah di ajarkan pada anak sejak usia dini. Namun, pada umumnya anak – anak mengalami kesulitan mempelajari bahasa asing, terutama bahasa inggris. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna. Pemilihan suatu metode pembelajaran sangat penting sekali dilakukan. Metode yang paling digemari oleh anak – anak adalah dengan menerapkan pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan metode permainan (game). Sarana pembelajaran bahasa inggris dengan metode permainan (game) merupakan salah satu inovasi yang banyak digemari oleh kalangan anak usia dini, dimana anak – anak di usia dini masih sangat senang bermain. Maka dari itu alangkah baiknya jika sebuah permainan anak yang dimainkan dapat mendidik anak sebagai sarana untuk belajar. Game yang dibuat akan berjalan di smartphone berbasis android. Hasil yang didapat menyatakan bahwa aplikasi edukasi berbasis android digunakan untuk membantu anak belajar bahasa inggris. Selain itu aplikasi edukasi bahasa inggris ini dapat membantu menunjang daya ingat anak-anak yang masih sangat peka terhadap apa yang dilihat. Dengan bantuan gambar, anak – anak akan cepat belajar.

 Kata kunci: Game, android, smartphone


1. Pendahuluan
Bahasa adalah alat yang digunakan untuk komunikasi, bahasa inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan dalam berkomunikasi secara internasional. Bahasa inggris akan lebih mudah di ajarkan pada anak sejak usia dini. Namun, pada umumnya anak – anak mengalami kesulitan mempelajari bahasa asing, terutama bahasa inggris. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna. Pemilihan suatu metode pembelajaran bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan dan hasil yang baik dan maksimal. Sebuah permainan atau game adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam sebuah konflik buatan, disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan yang merupakan rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Game sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Sarana pembelajaran bahasa inggris dengan metode permainan (game) merupakan salah satu inovasi yang banyak digemari oleh kalangan anak usia dini, dimana anak – anak di usia dini masih sangat senang bermain. Maka dari itu alangkah baiknya jika sebuah permainan anak yang dimainkan dapat mendidik anak sebagai sarana untuk belajar dan karena game juga dapat mengembangkan kinerja kerja otak anak atau seseorang.


Kata Kunci : Jurnal, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.