Jurnal : Perancangan Teknologi Ajax Dalam Aplikasi Perpustakaan STIKOM Bali

Jurnal : Perancangan Teknologi Ajax Dalam Aplikasi Perpustakaan STIKOM Bali

Perancangan Teknologi Ajax Dalam Aplikasi Perpustakaan STIKOM Bali

Abstrak - Perpustakaan digital dibangun untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari referensi yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar dan penelitian. Dengan melakukan perancangan system menggunakan data flow diagram, entity relationship diagram, strustur data file, dan input atau output. Penerapan AJAX sangat membantu dalam perpustakaan digital ini, yang memberikan kemudahan kepada pengguna perpustakaan digital ini. Sistem ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan lebih baik lagi, yaitu pengembangan dalam keamanan data file, agar file yang dimiliki atau agar koleksi pada perpustakaan digital ini tidak bisa dimiliki dan diperbanyak jumlahnya oleh orang lain Kata kunci : Perancangan,AJAX, Perpustakaan, 


1. Pendahuluan
Perpustakaan sebagai institusi yang bertugas mengelola bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan berupa buku (non book material ) sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya. Perpustakaan berperan sebagai kekuatan dalam pelestarian dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berkembang seiring dengan menulis, mencetak, mendidik dan kebutuhan manusia akan informasi. Perpustakaan dalam kamus besar Bahasa Indonesia berasal dari kata dasar pustaka yang memiliki artikitab, buku. Dalam bahasa Yunani, perpustakaan disebut dengan Biblia, artinya tentang buku, kitab . Dalam bahasa Belkita nama lain dari perpustakaan adalah Bibliotecha. Sedangkan dalam bahasa Inggris perpustakaan dikenal dengan istilah Library yang diambil dari kata dasarnya yaitu Librer atau Libri yang artinya adalah buku (Subrata, Gatot. 2009). Perpustakaan digital dibangun untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari referensi yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar dan penelitian. Kemudahan yang dapat dinikmati oleh anggota perpustakaan dalam mencari bahan bacaan serta mengurangi penggunaan bahan baku untuk menghasilkan kertas seperti pada buku-buku umumnya merupakan alasan mengapa banyak sistem perpustakaan digital dikembangkan asat ini. Selain itu dengan semakin banyaknya jumlah anggota pustaka maya dan jumlah E-book semakin bertambah dari tahun ke tahun seiring dengan perkembangan suatu instansi, tetapi belum ada pemanfaatan komputer (database) untuk menyimpan data anggota dan koleksi yang semakin banyak tersebut. Pada era ini, lembaga pendidikan sudah bergantung pada internet, misalnya universitas yang ingin mensosialisasikan profilnya dilakukan dengan sebuah situs web di internet. Dengan demikian, masyarakat luas yang berada jauh sekalipun dapat melakukan interaksi secara tidak langsung dengan universitas tersebut lewat situs yang disediakan universitas tersebut. Salah satunya STMIK STIKOM Bali di mana sudah memiliki web untuk memperkenalkan profil lembaga dan lainnya yang berhubungan dengan STMIK STIKOM Bali. Perpustakaan STMIK STIKOM Bali memiliki sistem informasi yang dapat membantu proses pengelolaan data buku,laporan Kerja Praktek (KP), laporan Tugas Akhir (TA), dan laporan Skripsi, serta proses peminjaman dan pengembalian buku-buku dan laporan. Pada kenyataannya sistem tersebut belum cukup efisien, yang mana seorang dosen atau mahasiswa harus datang keperpustakaan untuk meminjam buku atau laporan yang diinginkan dan mengembalikan buku atau laporan yang telah dipinjam dengan ketentuan waktu yang sudah ditetapkan, serta kepastian keberadaan buku atau laporan diperpustakaan tidak dapat kita pastikan ada dan dapat dipinjam.


DOWNLOAD JURNAL


Kata Kunci : Jurnal International, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.