JURNAL : MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMA 1 KUDUS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

JURNAL : MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMA 1 KUDUS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMA 1 KUDUS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF
ABSTRAK - SMA 1 Kudus yang beralamat di Jalan Pramuka No.41 Kudus, telah diberikan pelajaran desain grafis, tetapi hanya menggunakan software photoshop. Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis yaitu corel draw, adobe illustrator, macromedia flash yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mendesain, beragam desain kreatif yang memerlukan metode pembelajaran baru dengan multimedia interaktif dalam bentuk CD tutorial interaktif dan pemanfaatan program macromedia flash untuk pembelajaran multimedia interaktifnya. Metode Prototype merupakan metode pengembangan sistem dimana hasil analisa per bagian sistem langsung diterapkan ke dalam sebuah model tanpa menunggu seluruh sistem selesai. Hasil dari penelitian ini diperoleh metode pembelajaran baru macromedia flash yang siap digunakan untuk mengajar materi desain grafis di SMA 1 Kudus dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. 

Kata Kunci: Multimedia interaktif, desain grafis, prototype, coral draw, macromedia flash


PENDAHULUAN - Seiring dengan melajunya teknologi dewasa ini, membawa pula perubahan di tiap aspek kehidupan manusia. Oleh karenanya, sangat penting bagi masyarakat terutama kaum pelajar yaitu peserta didik mampu mengikuti perkembangan dunia, siap dengan persaingan global yang semakin ketat, diantaranya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena berbagai permasalahan dapat dipecahkan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekolah yang merupakan salah satu pendidikan formal patut memperhatikan perkembangan teknologi ini. Para guru ini dituntut untuk dapat menghadirkan suatu metode pendidikan yang lebih variatif. Dengan metode pendidikan yang lebih variatif diharapkan mampu merubah pandangan para siswa tentang betapa susahnya belajar menjadi pembelajaran yang lebih mengasyikkan, sehingga dapat meningkatkan proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan efektif, terutama mata pelajaran komputer desain grafis.


DOWNLOAD JURNAL