JURNAL : DESAIN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

JURNAL : DESAIN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DESAIN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
ABSTRAK - Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) bagi universitas merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pendaftar atau calon mahasiswa baru. Adapun kekurangan yang ada di setiap kegiatan expo dalam kegiatan promosi selama ini adalah kurang interaktifnya tampilan yang biasa berupa banner dan brosur cetak biasa, sehingga kurang menarik para pengunjung. Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sekarang ini sangat memungkinkan untuk membuat tampilan yang secara visual tampak seperti nyata. Penggabungan dunia maya dan nyata tersebut diakomodasi oleh teknologi yang disebut augmented reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development, dengan luaran berupa produk aplikasi augmented reality ruangan laboratorium di Universitas PGRI Semarang berbasis android. Prosedur pengembangan perangkat lunak menggunakan SDLC dengan model Waterfall dimana hasil akhir produk akan diuji secara blackbox dan uji kompatibel produk apk di berbagai platform smartphone. Indikator keberhasilan penelitian ini jika lolos uji dan berjalan dengan benar di platform smartphone dan aplikasi ini dapat digunakan untuk menunjang setiap kegiatan promosi di Universitas PGRI Semarang.

Kata Kunci: Evaluasi belajar, Reaserch and Development (R&D) , prototype, sistem, informasi


PENDAHULUAN - Sejak berdiri pada tahun 1981 Universitas PGRI Semarang ( dahulu IKIP PGRI Semarang) tahun 2013 bergabung Akademi Teknologi Semarang (ATS) yang berdiri sejak tahun 1979 dalam pengelolaan YPLP PT PGRI Semarang dan selanjutnya pada tanggal 17 April 2014 melalui SK Mendikbud nomor 143/P/2014 ditetapkan penggabungan IKIP PGRI Semarang dengan ATS sebagai Universitas PGRI Semarang dengan 2 (dua) program studi S2, 13 (tiga belas) program studi S1 kependidikan, 7 (tujuh) program studi S1 teknik, dan 3 (tiga) program studi D3 teknik, sebagai Perguruan Tinggi Swasta jumlah mahasiswa baru yang mendaftar merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Pada tahun 2015, sebagai ketua Tim IT PMB tahapan promosi dilakukan sejak bulan Januari 2015 dengan mengandalkan kegiatan “Sehari Bersama UPGRIS” dan membuka stan-stan expo. Dengan menyisipkan materi promosi dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi berupa permainan interaktif dengan menggunakan tablet untuk materi penelusuran minat dan bakat. Terbukti jumlah pendaftar mahasiswa baru meningkat secara signifikan dengan gencarnya promosi dan berfariasinya metode yang dilakukan, Adapun kekurangan yang ada di setiap stan expo adalah kurang interaktifnya tampilan yang biasa berupa stan banner dan pembagian brosur. Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sekarang ini sangat memungkinkan untuk membuat tampilan yang secara visual tampak seperti nyata. Penggabungan dunia maya dan nyata tersebut diakomodasi oleh teknologi yang disebut augmented reality.


DOWNLOAD JURNAL