gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jumlah Mengajar Pada Lembaga Bimbingan Belajar Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Post a Comment

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jumlah Mengajar Pada Lembaga Bimbingan Belajar Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)


(Jurnal Teknik Informatika)


Metode Simple Additive Weighting (SAW)
ABSTRAK

Dalam proses pembangunan sistem pendukung keputusan untuk menentukan jumlah mengajar menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu pembimbing (tentor) yang berhak menerima jumlah mengajar terbanyak berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan.



Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap alternatif, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu pembimbing (tentor) yang terbaik. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat membantu para pengambil keputusan dalam menentukan jumlah mengajar, dapat mempercepat proses pendistribusian jumlah mengajar, dapat mengurangi kesalahan dalam menentukan jumlah mengajar, dan dapat mempermudah para pengambil keputusan dalam menentukan jumlah mengajar.

Kata Kunci : SPK, FMADM, SAW, Alternatif



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Setiap lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan non formal seperti lembaga bimbingan belajar atau bimbingan studi masalah pemberian jumlah mengajar pada seorang pembimbing (tentor) adalah hal yang sangat penting. Hubungannya langsung kepada penghasilan (honor) yang diterima oleh pembimbing tersebut. Salah satu contohnya adalah Bimbingan Test dan Bimbingan Studi Prestasi.

Penerimaan penghasilan pembimbing (tentor) pada bimbingan test dan bimbingan studi Prestasi tergantung kepada berapa jumlah les mengajar yang dibawakan per minggunya. Jumlah mengajar yang didapat, tergantung kepada banyaknya jadwal mengajar setiap minggunya per bidang studi sesuai dengan jumlah group belajar yang ada pada tiap lokasi belajar, yang dibagi oleh seorang supervisor untuk tiap departemen ke beberapa pembimbing (tentor), salah satu contoh departemennya adalah : Departemen biologi

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.






Related Posts

Post a Comment