Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Orthodontik (BEHEL) Pada PT. COBRA DENTAL CABANG MEDAN Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Orthodontik (BEHEL) Pada PT. COBRA DENTAL CABANG MEDAN Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Orthodontik (BEHEL) Pada PT. COBRA DENTAL CABANG MEDAN Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)


(Jurnal Teknik Informatika)



Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
ABSTRAK

Orthodontic atau behel yang lebih banyak dikenal orang adalah jenis perawatan orthodontic atau pengobatan yang ditunjukkan untuk mengoreksi letak gigi atau menyesuaikan rahang atas dan bawah. Alat orthodontic (yang umumnya dikenal sebagai behel) ada 2 model yaitu: yang lepasan dan cekat, Alat yang model lepasan ini dapat dilepas pasang oleh pasien dan hanya merawat kasus ringan.

Sebelum memasang behel biasanya dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi pasiennya, jika terdapat lubang, karang gigi maka akan dibersihkan dahulu, intinya gigi yang akan dibehel haruslah gigi yang sehat. Dikarenakan banyak pilihan behel gigi atau orthodontic serta bentuk gigi yang berbeda – beda sehingga sulit dan membutuhkan waktu untuk menentukan behel yang tepat pada pasien. Dalam hal ini digunakan system pengambilan keputusan (SPK) adalah bagian dari Sistem informasi berbasis computer, termasuk system berbasis pengetahuan (management pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan. 

Pada Skripsi ini dilakukan pembahasan mengenai prosedur analisis menggunakan metode AHP, kemudian dilakukan pengembangan perangkat lunak yang mengimplementasikan metode tersebut. Setelah perangkat lunak selesai dikembangkan, dilakukan proses pengujian terhadap perangkat lunak tersebut dan metode AHP. Selanjutnya Skripsi ini ditutup oleh kesimpulan dan saran pengembangan di masa yang akan datang.

Kata Kunci: Orthodontic, Behel, Eigen Vector, Ahp, Pair Wise Comparison.


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Kehidupan didunia diwarnai dengan berbagai gaya hidup yang berbeda – beda. Banyak hal yang biasa dilakukan oleh mereka yang sangat tertarik untuk mengikuti perkembangan zaman atau trend yang sedang mewabah, berbagai cara dilakukan untuk memenuhi hasrat tersebut, seperti halnya yang sedang marak terjadi saat ini yaitu pengguna behel gigi (orthodontic) sebagai pendukung penampilan atau gaya hidup.

Kini penggunaan kawat gigi atau behel semakin marak, terutama dikalangan remaja putri. Namun sayangnya tidak sedikit dari mereka yang justru tidak tahu mengenai manfaat behel itu sendiri. Manfaat behel gigi digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi agar terlihat lebih indah dan sekaligus untuk merapikan posisi gigi ke arah yang positif. Tapi sayangnya behel saat ini justru digunakan untuk aksi "gaya-gayaan" saja. Hal ini tentu saja merupakan sebuah hal yang kurang tepat, karena pemakaian behel yang salah justru dapat menimbulkan dampak bahaya dari pemakaian behel itu sendiri.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.