Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Kelapa Sawit Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Kelapa Sawit Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Kelapa Sawit Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

(Jurnal Teknik Informatika)


Metode Simple Additive Weighting (SAW)
ABSTRAK

Desa Sei Karang merupakan daerah naungan PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN III) dengan mata pencaharian utama penduduknya berasal dari perkebunan agroindustri. Komoditi yang banyak dibudidayakan di daerah ini adalah tanaman kelapa sawit dan karet. Itulah sebabnya desa ini menjadi layak untuk dijadikan daerah penelitian dan mengadakan penilaian terhadap kriteria-kriteria bibit tanaman yang dibudidayakan di daerahnya, khususnya tanaman kelapa sawit.

Pemanfaatan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sangat tepat jika diterapkan pada permasalahan ini. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, Dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu bibit yang layak di tanam di Desa Sei Karang berdasarkan jenis tanah dan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan kriteria dan alternatif yang optimal, yaitu bibit yang layak di daerah perkebunan.

Dengan adanya sistem pendukung keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan dengan perancangan berorientasi objek menggunakan Unified Modeling Language (UML) ini akan lebih mempermudah PTPN III Desa Sei Karang maupun instansi lainnya dalam memantau maupun mendapatkan informasi mengenai perkebunan yang berguna untuk pembangunan sektor perkebunan khususnya tanaman kelapa sawit.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Bibit Kelapa Sawit, Simple Additive Weighting (SAW).

1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah

Indonesia merupakan negara agraris, mata pencaharian penduduknya sebagian besar berasal dari
pertanian dan perkebunan. Komoditi perkebunan merupakan salah satu sektor yang memiliki peran yang strategis dalam pembangunan perekonomian nasional. Perkebunan sangat berperan sebagai pendorong pengembangan wilayah juga sebagai pendorong pengembangan ekonomi kerakyatan. Salah satu komoditas perkebunan yang penting di Indonesia adalah kelapa sawit. Banyak petani dan pengusaha melirik tanaman kelapa sawit untuk dijadikan bisnis. Produksi yang maksimal dapat tercapai apabila tanaman berasal dari bibit yang baik dan berkualitas.

Desa Sei Karang merupakan daerah naungan PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN III) dengan mata pencaharian utama penduduknya berasal dari perkebunan. Komoditi yang banyak dibudidayakan di daerah ini adalah tanaman kelapa sawit dan karet. Itulah mengapa desa ini dianggap layak untuk dijadikan daerah penelitian dan mengadakan penilaian terhadap kriteria-kriteria bibit tanaman kelapa sawit.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.