Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pencairan Kredit Nasabah Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pencairan Kredit Nasabah Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pencairan Kredit Nasabah Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

(Jurnal Teknik Informatika)


Metode Weighted Product (WP)

ABSTRAK

Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.  Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan dalam pemberian kredit kepada nasabah, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan yang dapat mengakibatkan kerugian. Makin banyaknya para calon nasabah yang mengajukan kredit dengan kondisi ekonomi yang berbeda – beda. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit dibuat untuk tujuan membantu dan mempermudah pihak pengambil keputusan memberikan alternatif-alternatif dalam hal diterima atau tidaknya pengajuan kredit oleh pemoohon kredit

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, model pengajuan kredit.


1. Pendahuluan

Bank merupakan suatu pihak yang bertindak sebagai penyedia dana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Bank akan memberikan kredit kepada calon nasabah tersebutdengan tujuan membantu nasabah untuk menunjang kebutuhan nasabah.

Setelah nasabah menerima dana yang di butuhkan, maka nasabah harus membayar dana yang telah diterima kepada pihak bank dalam  jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian dan kesepakatan yang telah dirundingkan bersama oleh kedua belah pihak.

Selama ini, pengambilan keputusan yang dilakukan oleh staf penganalisis kredit (account officer) selalu mengalami banyak kendala, seperti proses pengambilang keputusan yang tidak efektif (penggunaan waktu yang cukup lama, tenaga dan biaya yang terbuang), human error, dan adanya kemungkinan kolusi antara calon nasabah dan petugas bank.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Weighted Product (WP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.