Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Perangkat Lunak Pengambilan Keputusan Dalam Penjadwalan Dengan Metode Recursive Largest First

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Perangkat Lunak Pengambilan Keputusan Dalam Penjadwalan Dengan Metode Recursive Largest First

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Perangkat Lunak Pengambilan Keputusan Dalam Penjadwalan Dengan Metode Recursive Largest First

(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Recursive Largest First

ABSTRAK

Pewarnaan simpul graph adalah memberi warna pada simpul-simpul di dalam graf sedemikian sehingga setiap dua simpul bertetangga mempunyai warna yang berbeda. Pewarnaan simpul graph ini dapat diterapkan untuk membantu pengambilan keputusan dalam penjadwalan. Dalam pembahasan kali ini, akan digunakan algoritma pewarnaan simpul graph Recursive Largest First.

Proses kerja dimulai dari pengisian data variabel, daftar nama variabel dan setting hubungan dari setiap variabel. Setelah itu, proses dilanjutkan dengan penggambaran graph berdasarkan data yang di-input. Simpul-simpul pada graph menyatakan variabel terikat. Sisi yang menghubungkan dua buah simpul menyatakan ada hubungan antara variabel tersebut dengan variabel terikat. Kemudian, proses dilanjutkan dengan pewarnaan simpul graph dan diakhiri dengan pengambilan keputusan berdasarkan warna dari simpul graph. Warna-warna yang sama pada simpul graph menunjukkan bahwa variabel terikat yang diwakili oleh simpul graph tersebut dapat dijadwalkan pada waktu yang sama.

Perangkat lunak pengambilan keputusan dalam penjadwalan dengan algoritma Recursive Largest First ini menyediakan antarmuka untuk mengisi data-data variabel, daftar nama variabel dan setting hubungan dari setiap variabel dari problema yang diinginkan. Perangkat lunak ini mampu menampilkan tahapan-tahapan proses pewarnaan simpul graph dengan menggunakan algoritma Recursive Largest First secara terperinci tahapan demi tahapan.

Kata Kunci : Pewarnaan simpul graph, pengambilan keputusan, Penjadwalan, algoritma Recursive Largest First


1. Pendahuluan

Mutual exclusion merupakan salah satu mekanisme yang dapat digunakan untuk Pewarnaan simpul graph adalah memberi warna pada simpul-simpul di dalam graph sedemikian sehingga setiap dua simpul bertetangga mempunyai warna yang berbeda. Banyak algoritma yang dapat digunakan ntuk mewarnai simpul graph. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk melakukan pewarnaan simpul graph adalah algoritma Recursive Largest First.

Algoritma pewarnaan simpul graph dapat diterapkan dalam persoalan penentuan jadwal, seperti penentuan jadwal ujian. Jadwal ujian harus disusun sedemikian rupa sehingga setiap mahasiswa dapat mengikuti ujian dari semua mata kuliah yang diambil. Di dalam persoalan ini, permasalahannya tidak hanya sekedar mewarnai simpul-simpul dengan warna berbeda dari warna simpul tetangganya saja, namun juga menginginkan jumlah macam warna yang digunakan sesedikit mungkin. Jumlah warna minimum yang dapat digunakan untuk mewarnai simpul disebut bilangan kromatik.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Recursive Largest First, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.