Jurnal : Segmentasi Citra Akibat Pembesaran Dengan Metode Interpolasi Linier

Jurnal : Segmentasi Citra Akibat Pembesaran Dengan Metode Interpolasi Linier

Jurnal : Segmentasi Citra Akibat Pembesaran Dengan Metode Interpolasi Linier
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Interpolasi Linier


Abstrak

Segmentasi citra merupakan suatu proses pra pengolahan pada sistem pengenalan objek dalam citra dan Proses segmentasi mempunyai tujuan pengelompokan piksel menjadi beberapa katagori objek (cluster) dimana dilakukan proses asosiasi antara objek yang terbentuk. Istilah segmentasi citra itu sendiri adalah pengelompokan citra menjadi beberapa region yang homogen berdasarkan kreteria yang dimiliki suatu citra dengan memperhatikan piksel-piksel tetangganya. Secara keseluruhan proses interpolasi dapat dilakukan dengan konvolusi masukan diskrit menurut suatu fungsi yang kontinu. Interpolasi sebenarnya adalah suatu proses untuk menentukan harga suatu fungsi pada titik-titik posisi antara suatu sample dengan sample tetangganya, dimana proses pembesaran citra merupakan proses pengulangan elemen citra. Hal ini dilakukan dengan menyusun suatu fungsi kontinu dengan demikian harga fungsi dapat diperoleh untuk setiap sembarang titik. Sedangkan interpolasi linier adalah salah satu teknik untuk mendapatkan nilai antara dari dua nilai dengan memperhatikan perbandingan skala atau posisinya.

Kata kunci : Segmentasi, Citra, Interpolasi Linier


1. Pendahuluan

Pengolahan citra juga merupakan cabang ilmu komputer yang banyak digunakan untuk pengolahan dan analisa gambar (citra) yang melibatkan persepsi visual. Proses ini memiliki data dan masukan serta informasi keluaran pada proses daerah digital citra (piksel) yang kosong (tampak kasar atau pecah pecah). Kekosongan ini juga tergantung dari nilai kali pembesaran. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan kualitas gambar, salah satu untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengunakan algoritma interpolasi linier pada gambar dari akibat pembesaran dengan memperhatikan piksel dari tetangga.

Pembesaran citra merupakan proses rekonstruksi citra yang memetakan citra ukuran awal ke ukuran yang lebih besar. Memperbesar ukuran citra denganmelakukan pembesaran pada ukuran piksel maka akan ditemukan daerah-daerah yang pikselnya kosong, sehingga citra akhir akan tampak pecah-pecah. Di dalam tahapan rekonstruksi dengan memetakan citra tersebut ke dalam ukuran tertentu dengan faktor perskalaan maka hasil dari rekonstruksi akan mengalami perubahan kepadatan piksel terhadap ruang pemetaan baru yang dibuat. Kepadatan itu akan mengakibatkan perubahan kualitas citra itu sendiri dengan meningkatkan mutu suatu citra melalui perbaikan kontras.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Interpolasi Linier , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.