Jurnal : Perancangan Aplikasi Perbaikan Citra Berbasis Web Menggunakan Metode Filtering

Jurnal : Perancangan Aplikasi Perbaikan Citra Berbasis Web Menggunakan Metode Filtering

Jurnal : Perancangan Aplikasi Perbaikan Citra Berbasis Web Menggunakan Metode Filtering
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Filtering


ABSTRAK

Perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat dapat membantu manusia untuk memenuhi kebutuha ditinjau dari berbagai aspek seperti kemudahan, efisiensi waktu, efektifitas kerja dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah dan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Salah satu perkembangan nyata dibidang pengolahan citra dan penting bagi kehidupan manusia adalah perbaikan kualitas citra (image). Berbagai alasan perlu perbaikan kualitas citra seperti adanya nois pada citra, citra ulang termakan waktu, terkena noda, kerusakan citra dan lain-lain. Metode filtering adalah metode yang digunakan dalam melakukan pengolahan gambar/foto yang teridiri dari mean filter dan median filter. Metode mean filter adalah satu teknik filtering yang bekerja dengan cara menggantikan intensitas suatu pixel dengan rata-rata nilai pixel dengan pixel-pixel tetangganya. Metode median filter merupakan filter nonlinear yang berfungsi untuk meghaluskan dan mengurangi noise atau gangguan pada citra.

Kata kunci – noise, filtering, mean filter, median filter.



1.1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat dapat membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan ditinjau dari berbagai aspek seperti kemudahan, efisiensi waktu, efektifitas kerja dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah dan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Salah satu  perkembangan yang sangat penting dan membantu dibidang pengolahan citra. Perkembangan dapat dilihat pada perangkat keras seperti tersedianya komputer dengan kecepatan proses tinggi sehingga secara visual citra terlihat lebih mulus, dan lain-lain. Sedangkan ditinjau dari perangkat lunak, tersedianya berbagai perangkat lunak sebagai tools untuk olah gambar untuk berbagai tujuan. Disamping itu teknik pengolahan data juga mengalami perkembangan yaitu dengan ditemukannya berbagai metode pengolahan data citra untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu perkembangan nyata dibidang pengolahan citra dan penting bagi kehidupan manusia adalah perbaikan kualitas citra (image). Berbagai alasan perlu perbaikan kualitas citra seperti adanya nois pada citra, citra ulang termakan waktu, terkena noda, kerusakan citra dan lain-lain. Dimana permasalahan pada citra terjadi karena faktor alam atau tidak disengaja. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan langkah-langkah pada perbaikan kualitas gambar citra.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Metode Filtering , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.