Jurnal : Perancangan Sistem Pengontrolan Stok Barang Pada Blesscom Komputer Dengan Metode Economic Order Quantity (EEQ)

Jurnal : Perancangan Sistem Pengontrolan Stok Barang Pada Blesscom Komputer Dengan Metode Economic Order Quantity (EEQ)

Perancangan Sistem Pengontrolan Stok Barang Pada Blesscom Komputer Dengan Metode Economic Order Quantity (EEQ)
(Jurnal Teknik Informatika)



Perancangan Sistem Pengontrolan Stok Barang Pada Blesscom Komputer Dengan Metode Economic Order Quantity (EEQ)


ABSTRAK
   
Pada perusahaan CV. Bless Computer sistem pengontrolan stok barang yang dilakukan pada saat ini adalah dengan cara manual dimana pengontrolan tersebut masih dibuat didalam sebuah buku besar yang didalamnya dituliskan data-data mengenai penjualan,pembelian dan pengontrolan stok barang, namun dengan demikian maka sangat besar terjadinya kesalahan dalam penghitungan dan juga sangat besar resiko yang diperoleh karena bisa secara tiba-tiba buku hilang atau rusak. 

Dengan melihat situasi dan kondisi ini maka penulis membuat sebuah perancangan pengontrolan stok barang pada Bless Computer dengan menggunakan metode economic order quantity (EOQ) dimana perancangan ini dapat membantu pemilik perusahaan dan juga karyawan yang bekerja di perusahaan ini dalam mempermudah pekerjaanya dan juga meminimalkan kesalahan yang terjadi dan juga resiko yang besar dalam
penghitungan dan pemesanan barang.

Dalam perancangan ini penulis menggunakan bahasa pemograman visual basic 6.0 dengan database manajemen sistem MySql, dimana nantinya data-data akan dimasukkan dan disimpan didalam database dan
dikoneksikan ke pemograman visual Bassic 6.0 sehingga dalam pengendalian dan pengontrolan stok barang
lebih mudah ,cepat dan juga efesien.

Kata Kunci : Pengontrolan, Economic Order Quantity, Perancangan.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Segala aktivitas di Bless Computer baik transaksi penjualan, pembelian dan kegiatan lainnya belum menggunakan sitem komputerisasi. Oleh karena itu sering kali pengelola dan karyawan mengalami kesulitan dalam mengontrol stok barang karena memukinkan adanya kelebihan pada satu jenis barang dan kekurangan pada barang yang lain. Dan menyebabkan sering terjadinya kekecewaan konsumen terhadap barang yang hendak dibeli karena barang yang sebelumya telah dipesan ternyata tidak tersedia sehingga dapat menyebabkan penurunan pemasukan. Economic Order Quantity adalah salah satu metode yang memakai ilmu matematika dan stasistika sebagai alat bantu dalam memecahkan masalah kuantitif dalam sistem persediaan. Pada dasarnya metode ini berusaha mencari jawaban optimal dalam menentukan jumlah pesanan yang yang terbaik. 


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Economic Order Quantity (EEQ) , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.