Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Menggunakan Metode Bayes Untuk Mengenal Kepribadian Dengan Metode DISC

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Menggunakan Metode Bayes Untuk Mengenal Kepribadian Dengan Metode DISC

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Menggunakan Metode Bayes Untuk Mengenal Kepribadian Dengan Metode DISC
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode DISC


ABSTRAK

Mengenal kepribadian merupakan hal yang sangat peting dalam menjalin hubungan sosial yang harmonis. Untuk mengenal kepribadian seseorang perlu dilakukan sebuah tes kerpribadian yang sering dilakukan oleh para praktisi psychology. Banyak metode yang dilakukan untuk mengenal kerpribadian salah satunya adalah metode DISC. Ini merupakan alasan penulis mengakat judul sistem aplikasi untuk mengenal kepribadian dengan metode DISC menggunkan sistem pakar.

Metode DISC merupakan singkatan dari empat factor kepribadian yaitu Dominance, Influence, Steadness, dan Complience. Empat factor ini yang akan menetukan profil kerpribadian sesorang. Metode DISC ditemukan pertama kali oleh William Moulton Marston pada tahun 1920 yang kemudian ditulikan pada bukunya The Emotions of Normal People. Pembentukan kepribadian seseorang dapat dipengaruhi dari gen (keturunan) dan lingkungan sekitarnya.

Dalam merangcang sistem aplikasi untuk mengenal kepribadian dengan metode DISC menggunakan sistem pakar penulis merancang aplikasi dengan bahasa pemrograman visual basic 2010 dan database MySql 2008. Dalam merancang aplikasi ini penulis menggunakan pedoman tes kepribadian yang sering digunakan oleh pakar psychology yaitu Tes kepribadian Metode DISC. Dimana hasil yang akan diperoleh dalam aplikasi ini sama persis dalam dalam pengerjaan tes kerpiabdian dengan koesiner yang digunakan dalam tes tanpa sistem pakar.

Kata kunci : metode DISC, system pakar, kepribadian.


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Setiap manusia diciptakan selain sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang artinya tidak bisa hidup sendirian dalam menjalani kehidupannya dimuka bumi ini. Ada satu perkataan yang sangat terkenal yang berbunyi: “satu dikalahkan, dua bertahan dan tiga tidak terpatahkan.” Pernyataan ini berbicara tentang pentingnya “team work”. Kalau dibahsakan kedalam bahasa Indonesia, kira-kiranya bunyinya adalah,” bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.” Namaun seringkali didalam kehidupan kelompok terjadi banyak gesekan yang menimbulkan stress dan membuat hidup menjadi tidak bahagia dan ujung-ujungnya menjadi tidak produktif. Kehidupan kelompok seharusnya menjadi sinergi malah menjadi bumerang, alangkah tragisnya. Salah satu penyebab utama stress kehidupan kelompok semuanya sepakat berkata adalah karena masalah komunikasi. “Saya ingin dimengerti, atau saya tidak mengerti kamu”, adalah kata-kata yang sering keluar dari hati setiap orang. Alangkah senangnya kalau kamu bisa menggerti saya, maka saya akan lebih positif terhadap kamu, lebih ingin membatu kamu dan lebih ingin kamu lebih berhasil.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Metode DISC , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.