Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru Obsturktif Kronik Dengan Menggunakan Metode Bayes

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru Obsturktif Kronik Dengan Menggunakan Metode Bayes

Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru Obsturktif Kronik Dengan Menggunakan Metode Bayes
(Jurnal Teknik Informatika)



PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU  OBSTURKTIF KRONIK DENGAN MENGGGUNAKAN  METODE BAYES

ABSTRAK

Dengan perkembangan yang semakin cepat, sering sekali kesehatan menjadi kendala dalam kehidupan sehari-hari. Banyak macam cara untuk mendeteksi namun banyak yang memerlukan waktu yang lama dan hasil yang kurang efektif.

Sistem pakar (Expert System) adalah program komputer yang merupakan cabang dari penelitian ilmu komputer yang disebut kecerdasan buatan. Melalui pengolahan citra maka memudahkan dalam mendiagnosa penyakit paru obstruktif kronik. Tentunya juga memerlukan proses identifikasi yang akurat untuk memberikan hasil keputusan mengenai kondisi Metode identifikasi yang digunakan adalah metode bayes. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mencari suatu alternatif mendapatkan informasi mengenai gejala penyakit paru obstruktif kronik.

Kata kunci : Sistem pakar, Metode Bayes, Paru, PPOK


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Sistem pakar (Expert System) adalah program komputer yang merupakan cabang dari penelitian ilmu komputer yang disebut kecerdasan buatan. Sistem pakar merupakan suatu program aplikasi komputerisasi yang berusaha menyerupai proses penalaran dari seorang ahlinya dalam memecahkan masalah spesifikasi atau bisa dikatakan merupakan duplikat dari seorang pakar karena pengetahuannya disimpan didalam basis pengetahuan untuk diproses pemecahan masalah.

Adanya gejala-gejala yang dihadapi oleh pasien dalam sulitnya memutuskan penyakit, pasien juga tidak bisa memberi kesimpulan sendiri atas penyakit yang dideritanya serta membutuhkan biaya dan juga waktu jika konsultasi dengan dokter dan sulit dikembangkan atas keterbatasan maupun ketersediaan seorang pakar.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Bayes , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.