Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Potensi Serangan Stroke Menggunakan Metode Fuzzy

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Potensi Serangan Stroke Menggunakan Metode Fuzzy

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Potensi Serangan Stroke Menggunakan Metode Fuzzy 

(Jurnal Teknik Informatika)


Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Potensi Serangan Stroke Menggunakan Metode Fuzzy
ABSTRAK

Penyakit stroke merupakan salah satu penyebab kematian manusia. Jumlah penderita Stroke menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat akan faktor resiko yang menyebabkan stroke. Terdapat banyak faktor resiko yang dapat mengarah pada stroke seperti umur, jenis kelamin, penyakit diabetes, penyakit darah tinggi.

Salah satu teknik dalam mendiagnosis penyakit stroke ini adalah sistem pakar, dimana sistem pakar ini dapat mendiagnosis penyakit stroke dengan meniru dari kerja para ahli/atau pakar. Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit stroke ini menjadikan proses pelacakan untuk menentukan penyakit stroke dengan
inferensi Forward Chaining sebagai subjek penelitian. Sedangkan tingkat kepastiannya ditentukan menggunakan metode Fuzzy dengan cara menghitung nilai probabilitas suatu penyakit dan membandingkan
probabilitas setiap gejalanya sehingga dapat diketahui tingkat keparahan penyakit stroke.

Skripsi ini bertujuan untuk menerapkan sistem pakar dalam mendiagnosis penyakit stroke dan membuat
aplikasi program yang mensimulasikan sistem pakar tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman
Microsoft Visual Basic 2008 dengan sistem operasi yang mendukung. Data-data yang didapat berupa gejala- gejala stroke yang diderita oleh user. Data-data tersebut diolah dengan sistem pakar berbasis aturan dan fakta melalui mekanisme inferensi. Hasil pengolahan data tersebut berupa kesimpulan mengenai potensi penyakit stroke.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Forward Chaining, Metode Fuzzy.

1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Sistem pakar biasa diterapkan dalam bidang kedokteran untuk penanganan suatu penyakit. Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Stroke adalah penyebab kematian yang ketiga di Amerika Serikat dan banyak negara industri di Eropa (Jauch, 2005). Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan di anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya.

Karena terkadang sulitnya para penderita menemukan tenaga ahli di bidang pengobatan Stroke. Maka penulis ingin membangun aplikasi yang dapat membantu penderita Stroke dalam menentukan kemungkinan penyebab ataupun gejala-gejala awal pada stroke. Sehingga para penderita dapat mengetahui apakah menderita penyakit Stroke atau tidak. Serta dapat membedakan antara keluhan sederhana yang dapat ditangani sendiri secara mandiri, maupun keluhan darurat yang memerlukan penanganan medis secepat mungkin.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fuzzy , sistem pendukung pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.