Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Deteksi Penyakit Aeromonas Hudrophila Pada Ikan Gurami Dengan Metode Dempster - Shafer

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Deteksi Penyakit Aeromonas Hudrophila Pada Ikan Gurami Dengan Metode Dempster - Shafer

Perancangan Sistem Pakar Deteksi Penyakit Aeromonas Hudrophila Pada Ikan Gurami Dengan Metode Dempster - Shafer
(Jurnal Teknik Informatika)


Perancangan Sistem Pakar Deteksi Penyakit Aeromonas Hudrophila Pada Ikan Gurami Dengan Metode Dempster - Shafer

ABSTRAK

Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti layaknya para pakar (expert). Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para pakar atau ahli. Dengan pengembangan sistem pakar, diharapkan bahwa orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Permasalahan yang ditangani oleh seorang pakar bukan hanya permasalahan yang mengandalkan algoritma, namun kadang juga permasalahan yang sulit dipahami. Permasalahan tersebut dapat diatasi oleh seorang pakar dengan pengetahuan dan pengalamannya.

Sisi kecerdasan yang ada pada sistem pakar dapat menciptakan sebuah intraksi antara pengguna dengan sistem, baik dari sistem penyampaian informasi, perkembangan metode yang efektif, hingga pada tingkat kepuasan pengguna yang kesehatan hewan dimana ikan menjadi fokus utama dalam pembuatan aplikasi ini.

Metode yang digunakan pada sistem pakar ini menggunakan teori dempster-shafer, karena metode ketidakpastian ini menghasilkan gambaran kemungkinan sebuah jawaban, dan hanya ada satu yang akan sesuai dengan jawaban yang dibutuhkan, dan teori ini tingkat kepercayaannya didapat dari suatu gejala dari masalah tersebut.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Fokus, Informasi, Algoritma, Dempster-Shafer theory.


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalahan
Indonesia merupakan negara penghasil ikan yang cukup banyak, dilihat secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingin oleh laut. Potensi sumber daya budidaya perikanan di Indonesia sangatlah besar. Saat ini Indonesia menjadi negara penyumbang bahan makanan dari budadaya ikan terbesar ke-4 di dunia. Usaha perikanan dengan produk yang dihasilkan menjadi salah satu daya dukungan untuk mengoptimalkan potensi alam yang ada. seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya pertambahan penduduk yang diiringi dengan semakin meningkatnya kebutuhan protein hewani oleh masyarakat setiap tahunnya maka, perlu adanya penigkatan produksi ikan gurami, maka perlu adanya perluasan pembudidayaan ikan gurami dengan peningkatan produksi ikan secara massal, baik secara kuantitas maupun kualitasnya, sehingga dapat dijadikan sebagai komoditas baru terhadap ikan lain yang biasa dipasarkan.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Dempster - Shafer , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.