Jurnal :Perancangan Progam Keamanan Data File Teks Dengan Menggunakan Algoritma Vertical Bit Rotation

Jurnal :Perancangan Progam Keamanan Data File Teks Dengan Menggunakan Algoritma Vertical Bit Rotation

Jurnal :Perancangan Progam Keamanan Data File Teks Dengan Menggunakan Algoritma Vertical Bit Rotation
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Vertical Bit Rotation


ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Vertical BIT Rotation Untuk Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi Data Pada File Text ataupun pengiriman data melalui jaringan. Vertical BIT Rotation merupakan cipher subtitusi ganda (multiple substitution cipher) yang melibatkan penggunaan kunci berbeda. Cipher alfabet majemuk dibuat dari sejumlah cipher alfabet tunggal, masing-masing dengan kunci yang berbeda. Algoritma yang baik adalah algoritma yang tahan terhadap serangan. Kebaikan suatu algoritma dapat ditentukan dengan berapa banyak usaha yang dibutuhkan dalam memecahkan algoritma tersebut. Kriteria aman itu persamaan matematisnya rumit sehingga sulit dipecahkan dengan metode analitik, biaya untuk memecahkannya tinggi melebihi nilai informasinya dan waktunya lama melebihi masa kadaluarsa informasi itu. Sehingga suatu algoritma dikatakan aman jika dapat memenuhi ketiga kriteria tersebut.

Keyword : Enkripsi, Dekripsi Transposisi, Bit Rotation


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Enkripsi merupakan suatu proses pengubahan pesan asal menjadi karakter yang tidak dapat dibaca. Ada beberapa algoritma enkripsi yang biasa digunakan seperti DES, Triple DES, Blowfish, IDEA dan sebagainya. Algoritma-algoritma tersebut begitu rumit dan sulit dimengerti dengan dalih ‘faktor keamanan’, katanya semakin sulit suatu algoritma dimengerti, maka semakin aman. Namun bagi para pengguna mereka tidak memikirkan seberapa sulit algoritma dan aplikasinya, yang mereka inginkan adalah menjaga kerahasiaan data.

Ada 2 syarat untuk mengimplementasikan suatu system enkripsi yang aman. Pertama, true random bits (benar-benar hanya dihasilkan.sekali) dan kedua, key space yang besar untuk algoritma enkripsi tersebut. Jika kedua syarat dipenuhi, tidak masalah seberapa kompleks algoritma enkripsinya. Bahkan semakin sederhana semakin baik, karena semakin sederhana suatu algoritma, maka akan semakin sedikit proses komputasinya dan semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mengeksekusinya. Kesederhanaan itulah yang ditawarkan oleh algoritma Vertical BIT Rotation Cipher, algoritma kriptografi yang secara teori dan praktek aman dari tangan-tangan penyadap, dan dikenal dengan sebutan ‘unbreakable’ algorithm.




Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Algoritma Vertical Bit Rotation , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.