Jurnal :Perancangan Aplikasi Pengamanan Pesan Dengan Algoritma Caesar Chiper

Jurnal :Perancangan Aplikasi Pengamanan Pesan Dengan Algoritma Caesar Chiper

Jurnal :Perancangan Aplikasi Pengamanan Pesan Dengan Algoritma Caesar Chiper
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Caesar Chiper



ABSTRAK

Keamanan sangat penting dalam segala aspek untuk melindungi data. Pesan teks pada alat komputer atau laptop yaitu pesan teks yang merupakan salah satu data penting yang perlu sistem keamanan data. Keamanan data digunakan untuk menjaga kerahasiaan data penting kita pada perangkat komputer atau laptop. Proses enkripsi digunakan agar pesan tidak dapat dibaca oleh pihak lain yang tidak diinginkan. Sedangkan proses dekripsi digunakan agar pesan dapat dibaca kembali oleh pihak yang dituju.

Dengan melakukan enkripsi terhadap pesan teks maka tingkat keamanan informasi dari pesan tersebut dapat ditingkatkan. enkripsi menggunakan metode caesar cipher sebagai metode dengan beban kerja ringan.

Algoritma Caesar Cipher diimplementasikan pada software visual basic 2008. Perancangan Aplikasi pengamanan pesan enkripsi dan dekripsi hanya dapat digunakan pada komputer. Hasil penelitian ini adalah melindungi pesan dengan mengubah pesan asli menjadi sebuah pesan rahasia yang berupa pergeseran kunci.

Kata Kunci : Caesar Cipher, Ciphertext, Dekripsi, Enkripsi, Plaintext


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Informasi saat ini sangat mudah didapat termasuk untuk pengiriman pesan, sekarang sudah mulai banyak sarana untuk mengirimkan pesan sehingga kita bisa dengan mudah mengirim dan menerima pesan. Di jaman yang serba cangih seperti ini alat untuk mengirim pesan sudah banyak termasuk medianya seperti facebook dan twitter sehingga kita bisa mengirim pesan dengan cepat begitupun sebaliknya kita bisa menerima pesan dengan cepat pula. Dengan mudahnya kita mengirim pesan sehingga kita bisa mengirim berita dengan cepat walau kita mengirim pada orang yang tempatnya jauh. Dari semua kemudahan itu tentu akan sangat berpengaruh ketika kita akan mengirim pesan yang isinya hanya orang-orang tertentu saja yang boleh mengetahui isinya. Salah satu yang harus benar-benar dijaga adalah pesan yang bersifat rahasia karena jika pesan itu tersebar maka akan berdampak buruk pada kita.

Salah satu cara yang biasa di gunakan adalah dengan enkripsi. Enkripsi adalah proses untuk menyamarkan makna dari pesan sehingga orang yang tidak berkepentingan tidak bisa mengetahui makna dari pesan tersebut. Untuk memperkuat keamanan pesan yaitu dengan menggunakan kriptografi sehingga orang tidak akan curiga jika pesan tersebut sudah terenkripsi dan orang akan tetap mengira jika file itu tidak mengandung pesan rahasia.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Caesar Chiper , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.