Jurnal :Perancangan Perangkat Lunak Enkripsi Pesan Dengan Metode Paillier Cryptosystem

Jurnal :Perancangan Perangkat Lunak Enkripsi Pesan Dengan Metode Paillier Cryptosystem

Jurnal :Perancangan Perangkat Lunak Enkripsi Pesan Dengan Metode Paillier Cryptosystem
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Paillier Cryptosystem


ABSTRAK

Paillier cryptosystem merupakan sebuah algoritma asimetris probabilistic untuk kriptografi kunci publik. Proses kerja dari metode Paillier terdiri dari proses pembentukan kunci, proses enkripsi dan dekripsi. Proses pembentukan kunci akan menghasilkan kunci privat dan kunci publik. Kunci publik akan digunakan pada proses enkripsi dan kunci privat digunakan pada proses dekripsi. Perangkat lunak ini menjelaskan prosedur kerja dari Paillier cryptosystem secara tahapan demi tahapan yang mencakup proses pembentukan kunci, proses enkripsi dan proses dekripsi. Selain itu, perangkat lunak ini juga disertai fasilitas untuk menyimpan laporan hasil perhitungan dalam sebuah file teks. Perangkat lunak juga menyediakan aplikasi untuk melakukan pengamanan data file teks.

Kata Kunci : Enkripsi, Kriptografi, Paillier


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Prinsip dasar dari cryptology yaitu keamanan dari suatu algoritma seharusnya tidak tergantung pada kerahasiaannya. Satu hal yang tidak dapat dihindarkan bahwa kelemahan dari algoritma tersebut akan ditemukan dan akan dipaparkan ke khayalak ramai. Berbagai teknik dalam cryptanalysis mencoba melakukan analisis terhadap cryptosystems dan dianggap sebagai penyerangan (attack). Sebagian ancaman (serangan) adalah bersifat umum, sementara yang lainnya hanya berlaku pada jenis cryptosystems tertentu. Metode kriptografi kunci publik pada umumnya memiliki kebocoran informasi, karena seorang cryptanalyst dapat selalu mengenkripsi pesan acak dengan sebuah kunci publik, maka dia dapat memperoleh beberapa informasi. Asumsikan bahwa dia memiliki C = EK(M) dan mencoba untuk mendapatkan pesan M, maka dia dapat memilih sebuah pesan acak M’ dan mengenkripsikannya C’ = EK(M’). Jika C’ = C, maka dia berhasil menebak isi pesan. Jika tidak, maka dia menebak lagi. Hal-hal di atas dapat dicegah dengan menggunakan metode probabilistic encryption.

Paillier cryptosystem yang ditemukan oleh Pascal Paillier pada tahun 1999 merupakan sebuah algoritma asimetris probabilistic untuk kriptografi kunci publik. Sekuritas dari algoritma Paillier ini bergantung pada problema perhitungan n-residue class yang dipercaya sangat sulit untuk dikomputasi. Problema ini dikenal dengan asumsi Composite Residuosity (CR) dan merupakan dasar dari kriptosistem Paillier ini.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Paillier Cryptosystem , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.