Jurnal :Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Teks Menggunakan Algoritma Merkle Heliman

Jurnal :Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Teks Menggunakan Algoritma Merkle Heliman

Jurnal :Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Teks Menggunakan Algoritma Merkle Heliman
(Jurnal Teknik Informatika)

 Algoritma Merkle Heliman


ABSTRAK

Analisa terhadap suatu algoritma dapat bertujuan untuk melihat faktor efisiensi dan efektifitas dari algoritma yang sedang dianalisa, dapat dilakukan dengan melihat sisi waktu tempuh (running time) dari suatu algoritma, proses atau langkah-langkah kerjanya atau satuan waktu yang ditempuh atau diperlukan oleh suatu algoritma dalam menyelesaikan suatu masalah. Kriptografi merupakan metode dengan menyandikan isi informasi (plaintext) menjadi isi yang sulit atau bahkan tidak dipahami melalui proses enkripsi. Untuk memperoleh kembali informasi yang asli dapat dilakukan dengan proses dekripsi, yang tentunya dengan menggunakan kunci yang benar. Untuk melindungi akses data dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan tersebut maka sangat diperlukan enkripsi dan dekripsi. Agar dapat dilakukan dengan baik, dibutuhkan suatu algoritma untuk enkripsi dan dekripsi. Algoritma yang digunakan disini adalah Algoritma Merkle Hellman.

Kata Kunci: Pengamanan, Merkle Hellman, Kriptografi.


1. Pendahuluan
1.2. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi pada saat ini telah mengubah cara masyarakat dalam berkomunikasi. Dulu, komunikasi jarak jauh masih dilakukan dengan cara konvensional, yaitu dengan cara saling mengirim surat. Sekarang, dengan adanya internet, komunikasi jarak jauh bisa dilakukan dengan cara saling mengirim email atau sms (short message service). Internet juga telah membuat komunikasi semakin terbuka dan pertukaran informasi juga semakin cepat melewati batas-batas negara dan budaya. Namun tidak semua perkembangan teknologi komunikasi ini memberikan dampak yang menguntungkan bagi dunia komunikasi. Penyadapan data merupakan hal yang paling ditakuti oleh pengguna jaringan komunikasi pada saat ini

Keamanan suatu informasi merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kerahasiaan informasi itu sendiri, terutama bila informasi tersebut hanya boleh diketahui pihak yang tertentu saja. Pengiriman data atau informasi tanpa dilakukan pengamanan akan beresiko terhadap penyadapan. Sehingga informasi yang ada di dalamnya dapat mudah diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berhak, dan hal seperti itu sangat merugikan.Hingga saat ini, kriptografi merupakan salah satu solusi untuk menjamin keamanan dari suatu informasi. Kriptografi merupakan metode dengan menyandikan isi informasi (plaintext) menjadi isi yang sulit atau bahkan tidak dipahami melalui proses enkripsi.




Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Merkle Heliman, sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.