Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Pada Tanaman Semangka Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Pada Tanaman Semangka Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Jurnal : Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Pada Tanaman Semangka Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Certainty Factor


ABSTRAK

Sistem pakar yang merupakan bagian dari Kecerdasan Buatan. Sistem Pakar adalah sistem komputeryang mampu menirukan penalaran seorang pakar dengan keahlian pada suatu pengetahuan tertentu. SistemPakar dapat menggantikan peran seorang pakar yang pada prinsip kerjanya dapat memberikan hasil yangpasti, seperti yang dilakukan oleh seorang pakar. Pada skripsi ini dijelaskan cara Perancangan SistemPakar Untuk Mengidentifikasi penyakit pada tanaman semangka.

Pada penelitian ini, penulis membuat suatu penerapan metode certainty factor pada perancangan sistempakar untuk mengidentifikasi penyakit pada tanaman semanka khusus paada penyakit buah semangka denganmemberikan aturan-aturan gejala atau ciri serta memberikan nilai pada setiap gejala atau ciri yang didapatdari seorang pakar. Semua nilai yang didapat akan diselesaikan menggunakan rumus faktor kepastian.

Sistem yang dibuat juga cukup mudah dan bisa digunakan oleh orang awam sekalipun penggunaaandilakukan dengan login dan memasukan data gejala serta memberikan jawaban dari pertanyaan yang diberikanoleh sistem, maka setelah semua pertanyaan dijawab akan langsung keluar hasil identifikasi serta berapapersenkah kemungkinanya. Dengan demikian para petani semangka dapat melakukan pengobatan, penyuluhanatau pencegahan dini terhadap tanaman semangkanya.

Kata kunci : Sistem Pakar, Penyakit pada tanaman semangka, Certainty Factor .




1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Penyakit pada tanaman senantiasa dijumpai pada setiap tanaman tidaklah asing lagi bagi petani, tetapi masalahnya adalah apakah penyakit tersebut menimbulkan kerugian yang berarti atau tidak. Kadang - kadang petani tahu kalau tanamannya diserang penyakit, tetapi petani tidak tahu penyakit apa yang sedang menyerang tanaman mereka. Selain itu hal lain yang menyebabkan kegagalan panen adalah karena kesalahan dalam penanganannya dan memilih obat yang akan digunakan dan komposisi obat yang digunakan untuk menanggulangi penyakit, mungkin karena dosisnya terlalu banyak, sehingga tanaman menjadi rusak bahkan ada yang mati.

Penyuluh pertanian juga kesulitan untuk mengidentifikasi jenis penyakit yang menyerang pada tanaman semangka, walaupun terlihat adanya perubahan tanaman semangka tersebut. Bahkan kadang - kadang penyuluh tidak solusinya atau cara penanganan untuk memberantas penyakit pada tanaman semangka. Penyuluh juga kesulitan untuk memberi penjelasan kepada petani tentang gejala - gejala (tanda - tanda) suatu tanaman sedang diserang penyakit.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Certainty Factor , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.