Jurnal : Implementasi Metode Sugeno Pada Sistem Pakar Penentuan Stadium Pada Penyakit Tuverculosis (TBC)

Jurnal : Implementasi Metode Sugeno Pada Sistem Pakar Penentuan Stadium Pada Penyakit Tuverculosis (TBC)

Implementasi Metode Sugeno Pada Sistem Pakar Penentuan Stadium Pada Penyakit Tuverculosis (TBC)
(Jurnal Teknik Informatika)


Implementasi Metode Sugeno Pada Sistem Pakar Penentuan Stadium Pada Penyakit Tuverculosis (TBC)

ABSTRAK

Selama ini pengambilan keputusan untuk menentukan stadium tuberkulosis dilakukan secara manual sehingga keputusan yang diambil seringkali menjadi kurang obyektif. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan
Metode Sugeno untuk membuat suatu Sistem Pakar yang dipertimbangkan berdasarkan nilai-nilai keanggotaan. Dengan metode ini pengambilan keputusan untuk mendiagnosis dan menentuka stadium penyakit tuberkulosis dapat dilakukan lebih obyektif secara otomatis. Secara umum, sistem dapat memberikan diagnosis tingkat stadium penyakit tuberkulosis terhadap pasien sesuai dengan yang diharapkan.

Sistem pakar diagnosa penyakit Tuberkulosis dibuat dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada para pemakai (dokter muda dan atau perawat) dalam mendiagnosa suatu jenis penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dimasukan. Selain itu sistem ini juga memberikan keterangan untuk setiap jenis penyakit yang terdeteksi. Dengan adanya sistem ini, diharapkan para pemakai dalam hal ini para praktisi dunia kesehatan khususnya para dokter muda atau perawat dapat dengan mudah mendiagnosa tingkat stadium penyakit Tuberkulosis dengan cepat dan akurat, seperti para dokter ahli Tuberkulosis.

Sistem pakar diagnose penyakit Tuberkulosis ini diimplementasikan dengan menggunakan perangkat lunak, yaitu sistem operasi Microsoft Windows XP, dan aplikasi pembangun perangkat lunak yaitu VB.NET. Output yang dihasilkan dari system pakar ini adalah penentuan stadium dari penyakit Tuberkulosis.

Kata kunci : Sistem pakar, logika fuzzy. Metode Sugeno, TBC


1. Pendahuluan
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu. Kurangnya fasilitas yang memadai dan dokter ahli yang tidak selalu ada ditempat seringkali membuat diagnosis TBC terlambat , yang bisa mengancam kesehatan pasien. Maka dalam hal ini penulis ingin membuat suatu sistem pakar yang
bisa membantu untuk melaksanakan diagnosis penyakit tuberculosis.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Sugeno , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.