gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal :Perancangan Keamnan Sistem Login Aplikasi Multiuser Menggunakan Algoritma Message Digest 5 (MD5)

Post a Comment

Jurnal :Perancangan Keamnan Sistem Login Aplikasi Multiuser Menggunakan Algoritma Message Digest 5 (MD5)
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Message Digest 5 (MD5)


ABSTRAK

Sistem login merupakan suatu hal yang pasti ditemukan didalam dunia internet. Saat seseorang melakukan login pastinya akan memasukkan password dimana password tersebut bersifat privasi dan rahasia. Oleh karena itu, masalah keamanan menjadi masalah yang sangat penting mengingat internet merupakan jaringan publik yang saling terhubung dalam suatu jaringan dan akan sangat berbahaya jika password yang dimasukkan user tersebut tidak dienkripsi sebelum dikirim ke server melalui jaringan. Disitulah celah kesempatan bagi para sniffer atau pengendus dapat melacak password atau data user. Sistem login dibuat dengan pemrograman PHP kemudian dilakukan pengamanan dengan enkripsi menggunakan MD5 yang dikombinasikan dengan pengacak atau menggabungkan password asli dengan suatu string tertentu lalu dienkripsi. Isi pengacak serta format untuk enkripsi hanya yang membuat aplikasi yang mengetahuinya. Setelah dilakukan pengaman pada sistem login kemudian dibuatlah sebuah aplikasi multiuser yang dapat diakses oleh user setelah user berhasil melakukan login.

Kata Kunci : Sistem Login, Password, Algoritma MD5, Aplikasi Multiuser


1. Pendahuluan

Masalah keamanan dan kerahasiaan data merupakan salah satu aspek penting dari suatu sistem informasi. Jika berbicara mengenai masalah keamanan yang berkaitan dengan penggunaan komputer, maka sulit memisahkannya dengan kriptografi. Kriptografi bertujuan untuk memberikan layanan keamanan, termasuk keamanan untuk menjaga password. Data password yang dimiliki harus dapat dijaga atau dilindungi kerahasiaanya. Jangan sampai data password yang ada, jatuh ke tangan orang-orang yang tidak berhak atau berkepentingan.

Dalam aplikasi web dibutuhkan mekanisme yang dapat melindungi data dari pengguna yang tidak berhak. Mekanisme ini dapat diimplementasikan dalam bentuk sebuah proses login yang biasanya terdiri dari tiga buah tahapan yaitu identifikasi, otentikasi dan otorisasi. Seiring banyaknya fasilitas internet yang membutuhkan akses masuk (login) seperti email, akses web server maupun account lainnya, maka user perlu lebih berhati-hati terutama jika account tersebut sangat rahasia dan berharga mengingat internet merupakan jaringan publik.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Message Digest 5 (MD5) , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment