Jurnal :Penerapan Metode Computer Aided Intruction (CAI) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Jurnal :Penerapan Metode Computer Aided Intruction (CAI) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Jurnal :Penerapan Metode Computer Aided Intruction (CAI) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Computer Aided Intruction (CAI)


ABSTRAK

Belajar adalah suatu proses atau usaha seseorang yang ditandai dengan perubahan tingkahlaku sebagai hasil pengalaman, pemahaman dan pengetahuan. Jadi, belajar yaitu suatu aktivitas yang menghasilkan perubahan kemampuan, sikap, tingkah laku, dan keterampilan yang diperoleh karena usaha.

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan merangsang terjadinya proses belajar pada si pembelajar atau siswa. Dengan media pembelajaran guru dapat menjelaskan suatu materi dengan model, foto, atau video tentang objek yang dijelaskan . Jadi, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.

Computer Aided Instruction (CAI) merupakan segala kegiatan pembelajaran yang menggunakan media komputer. Computer Aided Instruction (CAI) merupakan penggunaan komputer dalam menyampaikan bahan pengajaran dengan melibatkan siswa secara aktif dan memperbolehkan umpan balik. Model yang terdapat dalam Computer Aided Instruction (CAI) ini berupa tutorial, drill and practice, simulasi, game dan problem-solving. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena program pembelajaran dengan metode Computer Aided Instruction (CAI) dalam pembelajaran elektronika sangat dibutuhkan.

Kata kunci: Belajar, Media Pembelajaran, Computer Aided Instruction (CAI).


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Belajar sejatinya merupakan proses yang dilakukan sepanjang hidup manusia. Belajar dapat diartikan sebagai suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. Walaupun belajar berjalan seiring dengan berjalannya proses kehidupan, namun prosesnya tidak tercipta begitu saja, melainkan memerlukan kondisi yang dibentuk secara sengaja. Proses belajar mengajar yang dilakukan secara formal di sekolah seringkali masih menggunakan format lama. Format lama yang dimaksud adalah cara-cara mengajar konvensional yang lebih berpusat kepada guru (teacher-centered). Cara-cara seperti ini muncul karena adanya anggapan bahwa pikiran seorang anak seperti kertas kosong yang putih bersih dan siap menunggu coretancoretan gurunya. Dengan pandangan seperti ini, banyak guru yang masih menjalankan proses belajar mengajar dengan berorientasi pada penyampaian materi saja. Hal ini tentu saja berpengaruh pada hasil belajar siswa.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Computer Aided Intruction (CAI) , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.