Jurnal : Perancangan Aplikasi Perbandiangan Discrete Consine Transform Dengan Adatife Huffman Pada Citra Digital

Jurnal : Perancangan Aplikasi Perbandiangan Discrete Consine Transform Dengan Adatife Huffman Pada Citra Digital

Jurnal : Perancangan Aplikasi Perbandiangan Discrete Consine Transform Dengan Adatife Huffman Pada Citra Digital
(Jurnal Teknik Informatika)

Adatife Huffman


ABSTRAK

Kompresi citra digital merupakan upaya untuk melakukan transformasi terhadap data atau simbol penyusun citra digital menjadi data atau simbol lain, tanpa menimbulkan perubahan yang signifikan atas citra digital tersebut bagi mata manusia yang mengamatinya. Kompresi harus dilakukan secara efektif, sehingga citra digital yang dihasilkan setelah proses kompresi mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan sebelum proses kompresi.

Dalam penelitian ini dilakukan dilakukan proses kompresi menggunakan dua metode yaitu DCT dan Adaftive Huffman pada citra digital yang dibatasi pada gambar JPEG, dan tujuannya yaitu untuk membandingkan nilai koefisien dan prosentase tingkat kompresi. Proses kompresi mengunakan metode DCT menghasilkan nilai koefisien waktu kompresi dan nilai rasio presentase kompresi, dan proses kompresi menggunakan metode Adaftive Huffman menghasilkan ukuran gambar yang lebih kecil, dan rasio prosentase kompresi menggunakan metode DCT nilai waktunya lebih lama dari pada menggunakan metode Adaftive Huffman, karena metode Adaftive Huffman bersifat loseless sedangkan metode DCT bersifat lossy.

Kata Kunci : Discrete Cosine Transform, Adaftive Huffman, JPEG, Citra


1. Pendahuluan

Citra adalah suatu representasi (gambaran), kemiripan, atau imitasi dari suatu objek. Citra terbagi 2 yaitu ada citra yang bersifat analog dan ada citra yang bersifat digital. Citra analog adalah citra yang bersifat kontinu seperti gambar pada monitor televisi, foto sinar X, hasil CT Scan dan lain-lain. Sedangkan pada citra digital adalah citra yang dapat diolah oleh komputer. Citra digital dapat mewakili sebuah matriks yang terdiri dari M kolom N baris, dimana perpotongan antara kolom dan baris disebut piksel ( piksel = picture element), yaitu elemen terkecil dari sebuah citra. Piksel mempunyai dua parameter, yaitu koordinat dan intensitas atau warna. Nilai yang terdapat pada koordinat (x,y) adalah f(x,y), yaitu besar intensitas atau warna dari piksel di titik itu.Oleh sebab itu, citra digital dapat ditulis dalam bentuk matriks. Pengolahan citra digital adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan kualitas gambar (peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra), transformasi gambar (rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik), melakukan pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis, melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi objek atau pengenalan objek yang terkandung pada citra, melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data. Input


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Adatife Huffman , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.