Jurnal : Perancangan Aplikasi Steganografi Untuk Menyisipkan Pesan Teks Pada Gambar Dengan Metode End Of File

Jurnal : Perancangan Aplikasi Steganografi Untuk Menyisipkan Pesan Teks Pada Gambar Dengan Metode End Of File

Perancangan Aplikasi Steganografi Untuk Menyisipkan Pesan Teks Pada Gambar Dengan Metode End Of File
(Jurnal Teknik Informatika)




Perancangan Aplikasi Steganografi Untuk Menyisipkan Pesan Teks Pada Gambar Dengan Metode End Of File

ABSTRAK

Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari cara penyembunyian informasi pada suatu media sedemikian rupa sehingga keberadaannya tidak terdeteksi oleh pihak lain yang tidak berhak atas informasi tersebut. Pengguna pertama (pengirim pesan) dapat mengirim media yang telah disisipi informasi rahasia tersebut melalui jalur komunikasi publik, hingga dapat diterima oleh pengguna kedua (penerima pesan).Penerima pesan dapat mengekstraksi informasi rahasia yang ada di dalamnya.

Pada skripsi ini, akan membahas tentang bagaimana merancang suatu aplikasi steganografi dan bagaimana proses penyisipannya pada image(citra) serta bagaimana menerapkan metode end of file pada aplikasi steganografi yang dirancang. 

 Metode end of file dapat dijadikan salah satu media transmisi untuk menyembunyikan informasi rahasia
berupa pesan teks. Karakteristik metode end of file yang mampu menampung lebih banyak data atau pesan
sehingga memungkinkan dapat menyisipkan lebih banyak pesan yang akan disisipkan.Tapi akan akan tetap
ditentukan ukuran panjang pesan ynag akan disisipkan agar tidak mempengaruhi ukuran atau citra penampung yaitu image(citra) tersebut.

Kata kunci : Steganografi, Citra digital, Metode End Of File


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Steganografi merupakan salah satu cara untuk menyembunyikan suatu pesan atau data rahasia di dalam suatu media penampungnya sehingga orang lain tidak menyadari adanya pesan didalam media tersebut. Dalam bidang keamanan komputer, steganografi digunakan untuk menyembunyikan data rahasia.

Mode warna RGB adalah model warna yang aditif yang dapat dikombinasikan untuk membuat warna yang lainnya. Sistem warna RGB terdiri dari tiga bagian yang utama, yaitu Red(Merah), Green(Hijau), dan Blue (biru). Model warna RGB didasarkan pada sistem koordinat kartesius. (R.C. Gonzales dan R.E. Woods, Digital Image Processing, 2nd ed. Upper 2008)[11]


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode End Of File , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.