Jurnal : Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia - Karo Online Berbasis Web Dengan Metode Sequential Search

Jurnal : Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia - Karo Online Berbasis Web Dengan Metode Sequential Search

Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia - Karo Online Berbasis Web Dengan Metode Sequential Search
(Jurnal Teknik Informatika)


Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia - Karo Online Berbasis Web Dengan Metode Sequential Search


ABSTRAK

Bahasa Karo merupakan salah satu bahasa di antara ribuan bahasa daerah di Indonesia. Sebagai bahasa daerah, bahasa Karo memiliki kekhasan dalam hal tata bahasa dan arti kata. Hal itu yang membedakannya dari bahasa daerah lain, khususnya dengan bahasa daerah yang ada di Indonesia. Penggunaan bahasa daerah Karo sudah mulai berkurang, salah satunya disebabkan oleh kurangnya media atau alat yang fleksibel menerjemahkan bahasa Indonesia ke Karo atau sebaliknya. Aplikasi berbasis web dapat dijadikan wadah untuk membuat kamus terjemahan bahasa Indonesia Karo, karena teknologi web dapat digunakan dimanapun dan kapanpun.

Dalam pembuatan Aplikasi Kamus pencarian dibutuhkan algoritma atau metode yang efektif, karena proses pencarian merupakan salah satu bagian yang penting dalam pemprosesan data. Algoritma dan metode yang diterapkan yaitu Sequential Search. Algoritma Sequential search merupakan algoritma pencarian linier, algoritma ini melakukan pencarian lebih cepat karena proses pencarian sudah dalam keadaan terurut.

Algoritma dan metode sequential Search yang digunakan sangat cocok digunakan dalam aplikasi kamus bahasa Indonesia Karo karena dapat menerjemahkan kata yang dicari dengan cepat, apabila kata yang dicari tidak ditemukan maka akan berakhir. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi Kamus Bahasa IndonesiaKaro berbasis web dapat menerjemahkan kata dengan cepat.

Kata Kunci: Kamus, Web, Karo, Indonesia Sequetial Search.


1. Pendahuluan
1. 1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Dengan perkembangan teknologi, banyak aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan dan pembelajaran kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh sederhana adalah Perancangan aplikasi kamus bahasa Indonesia - Karo online Berbasis Web.

Dengan kamus multimedia online user dapat menterjemahkan suatu bahasa ke bahasa lain secara komputerisasi. Untuk itu penulis mencoba membuat suatu kamus berbasis Web yang bisa menterjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Karo.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Sequential Search ,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.