Jurnal : Perancangan Aplikasi Kalender Kegiatan Dengan Web Service Defention Language

Jurnal : Perancangan Aplikasi Kalender Kegiatan Dengan Web Service Defention Language

Perancangan Aplikasi Kalender Kegiatan Dengan Web Service Defention Language
(Jurnal Teknik Informatika)



Perancangan Aplikasi Kalender Kegiatan Dengan Web Service Defention Language


ABSTRAK

Web service adalah sistem perangkat lunak yang melakukan pertukaran informasi menggunakan Extensible Markup Language (XML). Untuk menambah kemudahan untuk berhubungan dengan aplikasi lain, kemampuan untuk mengekspor event ke dalam format iCalendar ditambahkan. Alasan kenapa dua metode ini dipilih adalah karena SOAP berorientasi pada service yang cocok digunakan pada aplikasi ini dan iCalendar adalah format standar penanggalan di internet.

Aplikasi kalender kegiatan ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP versi 5.2.5. MySQL versi 5.0.45 digunakan sebagai basis data untuk menyimpan event sedangkan server Apache versi 2.2.6 untuk
menjalankannya. Karena sifat PHP yang tidak tergantung platform tertentu, maka aplikasi ini dapat dijalankan dalam sistem operasi manapun asalkan memiliki browser dan koneksi internet. Dari hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi ini mampu melakukan semua tugas manajemen event yang diharapkan darinya dengan baik. Server web service yang dimiliki aplikasi pun dapat memberikan permintaan event berdasarkan kategori tertentu kepada client web service dengan baik.

Kata kunci: event, kalender kegiatan, web service, SOAP, WSDL, RFC2445, iCalendar.


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Banyak organisasi, perusahaan, dan universitas yang masih menerapkan komputasi yang terpisah. Akibatnya banyak bagian atau departemen dari badan-badan yang disebut di atas yang membuat aplikasi secara ad-hoc. Pembuatan aplikasi dengan cara ini menyulitkan para developer untuk mengembangkan dan merancang
interoperabilitas antar aplikasi pada masing-masing departemen. Salah satu contoh nyata dari masalah di atas adalah pengaturan kegiatan. Masih banyak organisasi dan perusahaan yang masih melakukan pengaturan kegiatan secara manual, baik pengumuman yang dikirimkan melalui surat atau dituliskan pada papan-papan pengumuman. Hal ini dapat menyulitkan orang-orang untuk mengakses pengumuman tersebut.

Penggunaan internet yang semakin luas menjadikan aplikasi web suatu aplikasi yang mudah diakses oleh semua orang. Dengan adanya aplikasi kalender kegiatan yang bertugas untuk mengatur kegiatan-kegiatan yang terjadi di dalam suatu organisasi, perusahaan, dan universitas maka aplikasi ini bisa menjadi salah satu bagian solusi dari masalah komputasi yang terpisah di atas.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Web Service Defention Language ,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.