Jurnal :Penerapan Metode Idea Pada Perancangan Aplikasi Pengamanan Pesan Teks

Jurnal :Penerapan Metode Idea Pada Perancangan Aplikasi Pengamanan Pesan Teks

Jurnal :Penerapan Metode Idea Pada Perancangan Aplikasi Pengamanan Pesan Teks
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Idea



ABSTRAK

Komputer adalah salah satu media dalam perkembangan penggunaan teknologi informasi yang sangat cepat pada saat ini. Salah satu aspek yang terpenting adalah pengamanan data yang dikirimkan. Untuk itu dibutuhkan suatu solusi dalam pemecahan masalah tersebut. Salah satu metode yang digunakan untuk menjaga keamanan data tersebut adalah kriptografi dengan berbagai metode. File Teks sebagai salah satu bentuk data digital saat ini. banyak dipakai untuk menyimpan Data Teks. Bila file-file tersebut tidak diamankan/ dilakukan pengamanan maka sewaktu dikirimkan ke jaringan terbuka seperti Internet, dikuatirkan file tersebut dapat jatuh ke pihak yang tidak diinginkan. Salah satu caranya adalah menyandikan citra tersebut sehingga bentuk citra menjadi teracak dan sulit untuk diketahui. Pada tulisan ini akan menggunakan Metode IDEA (International Data Encryption Algorithm) dalam proses penyandian data, sehingga hanya orang tertentu yang dapat memahami file yang dikirimkan dan hal ini menghindari orang/ oknum yang mencoba mencuri file yang dikirim.

Kata kunci : Perancangan, Metode IDEA, Kriptografi dan pengamanan data



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan teknologi informasi dalam membantu pekerjaan manusia di berbagai jenis kegiatan yang melibatkan komputer sebagai medianya, maka keamanan menjadi aspek yang sangat penting dalam sistem informasi. Beberapa informasi umumnya hanya ditujukan bagi segolongan orang tertentu, oleh karena itu keamanan data sangat dibutuhkan untuk mencegah informasi tersebut sampai pada pihak – pihak lain yang tidak berkepentingan sehingga adanya kemungkinan kebocoran atau penyalah gunaan data dapat dihindari, maka dirancang suatu sistem keamanan yang berfungsi untuk melindungi sistem informasi tersebut.

Metode IDEA (International Data Encryption Algorithm) adalah cara untuk menyembunyikan informasi teks asli dan dibuat teks tersebut tidak tampak seperti teks aslinya. Menentukan teks apa yang akan disembunyikan informasinya beserta kunci. Kemudian langkah selanjutnya melakukan proses enkripsi, bagaimana cara memetakan tiap piksel dari teks tersebut, lalu melakukan permutasi sederhana dari lokasi piksel serta transformasi dari nilai skala abu-abu melalui operasi Boolean XOR.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Idea , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.