Jurnal :Penerapan Digital Signature Dengan Algoritma SHA-1 Pada Surat Legalisasi Ijazah Dan Transkrip Nilai Mahasiswa

Jurnal :Penerapan Digital Signature Dengan Algoritma SHA-1 Pada Surat Legalisasi Ijazah Dan Transkrip Nilai Mahasiswa

Jurnal :Penerapan Digital Signature Dengan Algoritma SHA-1 Pada Surat Legalisasi Ijazah Dan Transkrip Nilai Mahasiswa
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma SHA-1


ABSTRAK

Untuk mengetahui latar belakang pendidikan seseorang, mayoritas negara di dunia, khususnya Indonesia, mensyaratkan seseorang untuk melampirkan fotocopy ijazah dan transkip nilai orang tersebut (yang telah dilegalisasi) sebagai lampiran dokumen yang harus dibawa ketika orang yang bersangkutan hendak melamar suatu posisi.

Pada saat ini legalisasi menggunakan surat pengesahan dipilih menjadi salah satu alternatif, di dalam menghadapi kebutuhan validasi yang cepat untuk proses legalisasi ijazah dan transkip nilai seseorang. Namun di dalam legalisasi tersebut harus memiliki keamanan yang baik. Seperti integritas data, autentikasi entitas, autentikasi asal data, dan antipenyangkalan. Dimana hal tersebut bertujuan untuk mengatasi jenis ancaman modifikasi dan pemalsuan surat legalisasi ijazah digital.

Untuk dapat membuat surat legalisasi yang baik, tentunya dapat menggunakan metode Digital Signature, yang tentunya berhubungan erat dengan ilmu kriptografi. Untuk memberikan metode proteksi maksimum untuk keabsahan suatu digital signature, pada penelitian ini penulis akan meneliti mengenai metode enkripsi untuk membuat suatu digital signature. Adapun metode pembuatan digital signautre yang dirancang untuk diterapkan dalam sistem validasi keabsahan ijazah seseorang adalah dengan menerapkan algoritma SHA-1. Dimana sebuah berkas berbentuk surat dijadikan pengesahan institusi yang berwenang terhadap keabsahan ijazah dan transkip nilai.

Kata Kunci : Digital Signature, SHA-1, Ijazah dan Transkip Nilai



1. Latar Belakang Masalah
1.1. Latar Belakang Masalah

Pada masa yang serba kompetitif seperti sekarang ini, persaingan sering kali terjadi antar individu di dalam meraih suatu posisi maupun jabatan, seperti meraih beasiswa program pasca sarjana, melamar pekerjaan, dan mengejar jabatan penting di pemerintahan. Selain dinilai dari segi kemampuan seseorang di dalam posisi yang hendak ia raih, latar belakang pendidikan seseorang merupakan salah satu faktor penunjang kesuksesan orang yang bersangkutan untuk meraih posisi yang ia harapkan. Untuk mengetahui latar belakang pendidikan seseorang, mayoritas negara di dunia, khususnya Indonesia, mensyaratkan seseorang untuk melampirkan fotocopy ijazah dan transkip nilai orang tersebut (yang telah dilegalisasi) sebagai lampiran dokumen yang harus dibawa ketika orang yang bersangkutan hendak melamar suatu posisi. Pada dasarnya, persyaratan legalisasi fotocopy ijazah dan transkip nilai seseorang untuk melamar suatu posisi merupakan suatu persyaratan yang wajar. Namun demikian, terkadang suatu instansi mensyaratkan seseorang untuk melampirkan legalisasi ijazah terbaru dengan tengat waktu pengumpulan legalisasi ijazah yang sangat singkat.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma SHA-1  , sistem informasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.